TERIMA KASIH 2023, SELAMAT DATANG 2024

Tahun 2023 adalah tahun yang penuh perjuangan buat hidup saya. Tapi sekaligus juga menjadi berkah dalam banyak hal. Ada duka namun Allah kirimkan juga kesenangan, ada kegagalan namun Allah kirimkan juga keberhasilan. Ada yang hadir ada juga yang pergi. Ada yang hilang namun ada juga yang kudapat. Semuanya penuh warna-warni, penuh kejutan seperti roller coaster dan rasanya nano-nano banget.

thank you 2023


Kali ini aku mau rekap beberapa pencapaian yang aku dapatkan tahun 2023. Semuanya berkaitan dengan dunia pekerjaanku sebagai freelancer. Warna-warni kehidupan pribadi cukup aku simpan dalam ingatan aja hehehe. Rekapan ini yang menurutku memberikan pengalaman tak terlupakan dan sangat berharga.

Terima kasih 2023

Lalu apa saja warna-warni tahun 2023 aku berkaitan dengan pekerjaan aku sebagai freelancer? Let's check it out.

1. Menang Lomba

Buat saya tahun 2023 menjadi hal yang luar biasa karena awal tahun 2023, saya pertama kalinya ikutan lomba menulis yang diadakan oleh Traveloka. Meskipun rezekinya Juara 5, saya sudah sangat bersyukur karena pertama kalinya ikutan lomba, sudah masuk juara adalah pencapaian yang sangat besar buat saya.

Akhir tahun saya terpilih juga mengikuti campaign salah satu properti dan semua tulisannya diikutsertakan dalam lomba menulis. Saya mencoba membuat tulisan terbaik semaksimal mungkin tanpa berharap menang. Menulis setelah itu lupakan saja. Ternyata mengikuti lomba kedua kalinya, saya mendapatkanJjuara 2, alhamdulillah.

2. Terpilih sebagai Peserta Kegiatan Genpi dan Kemenparekraf

Pencapaian berikutnya yang saya dapatkan tahun 2023 adalah terpilih sebagai salah satu peserta yang diadakan oleh Genpi di Malang. Acaranya diikuti oleh berbagai komunitas seluruh Indonesia. Acara ini dikelola oleh Genpi dan Kemenparekraf serta beberapa komunitas dan beberapa pihak terkait lainnya.

Banyak pengalaman yang saya dapatkan dalam acara tersebut, memperluas jaringan pertemanan, menambah wawasan, dan pastinya semakin memperkaya saya dalam dunia pariwisata. Acaranya digelar di Malang selama kurang lebih dua dan pesertanya dari berbagai kota di Indonesia.

3. Mondar-mandir ke Bandung

Tahun 2023 saya kepending untuk bisa traveling ke Jepang untuk menonton Coldplay padahal itenerari, tiket, dan hotel sudah diurus. Namun karena satu dan lain hal akhirnya harus dicancel. Semua hangus.

Rencana ke Sa Pa Vietnam pun juga tertunda karena satu dan lain hal padahal semuanya sudah diurus. Entah kenapa tahun 2023, Allah belum izinkan saya untuk pergi ke luar negeri.

Namun Allah gantikan traveling saya ke tempat lain di Indonesia. Tahun 2023, saya berkunjung ke Bandung sebanyak dua kali murni untuk traveling. Waktunya juga bukan sehari dua hari. Pertama saya pergi kurang lebih satu minggu, kedua kalinya juga satu minggung. Sehingga saya puas mengelilingi kota Bandung dari kota sampai pelosoknya.

4. Bolak-balik ke Bali

Tidak jadi ke Vietnam namun Allah kasih rezeki bolak balik ke Bali sampai dua kali. Puas banget mengelilingi keindahan wisata di Bali, kuliner, mencoba hotel-hotel baru dan estetik di Bali. Nikmat mana lagi yang kamu dustakan. Mungkin kalau dihitung biayanya sama saja atau bahkan lebih mahal bolak balik ke Bali ketimbang ke Sa Pa, Vietnam. Jadi ya disyukuri saja.

5. Kembali eksplore Nusa Tenggara Timur

Saat ke luar negeri kepending ternyata diganti berkeliling ke daerah timur Indonesia yang sangat Indah hampir dua minggu. Mulai dari Kupang, Ende, dan berakhir di Labuan Bajo. Saya menjelajah keindahan Indonesia bagian timur dengan penuh kebagiaan dan sangat menyenangkan.

Menikmati berbagai tempat wisata, makanan dan minuman khas, adat budaya, mendaki gunung, pantai, mencoba hotel-hotel indah di Labuan Bajo, sampai dengan menikmati keindahan rumah-rumah adat di Nusa Tenggara Timur. Semuanya menakjubkan.

6. Menjadi bagian dari keluarga EBS (Eco Blogger Squad)

Saya termasuk orang yang sangat aware terhadap lingkungan, dan dapat terpilih sebagai salah satu ambassador komunitas EBS yaitu komunitas yang menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan adalah sebuah pencapaian besar buat saya. Kenapa? Karena ilmu kuliah saya rasanya bermanfaat dan saya bisa menyalurkan kepedulian saya terhadap lingkungan melalui tulisan. 

Ditambah juga dengan self development yang semakin meningkat yang diberikan oleh EBS sehingga membuat pengetahuan saya tentang dunia lingkungan, influencer, dan blogger semakin banyak dan luas.

7. Terpilih sebagai warga Gopay

Senang juga tahun ini terpilih sebagai salah satu warga Gopay dimana kami selama satu bulan membantu mempromosikan apa saja yang ada di Gopay. Banyak promo dan diskon yang diberikan oleh Gopay bagi semua penggunanya dan kita bisa menyampaikan hal itu kepada semua pengguna setianya.

Ada kebahagiaan tersendiri, kenapa karena dengan banyaknya diskon pasti bakal bantu banyak orang untuk bisa membeli apa yang mereka butuhkan dengan harga yang lebih murah. Apalagi dulu sebagai mahasiswa saya merasakan jika ada promo dan diskon happy banget, uangnya bisa disimpan untuk kebutuhan lain.

8. Mendaki kembali gunung Rinjani dan Ineri 

Ini juga menjadi pengalaman yang sangat berkesan tahun 2023, bagaimana tidak, saya sudah lama tidka menikmati suasana gunung. Akhirnya tahun 2023 kembali bisa mengunjungi gunung di Lombok dan di Kupang ini. Sesuatu banget dan berasa banget happy-nya.

9. Mengikuti sertifikasi Drone

Salah satu pencapaian lainnya yang dapat selama tahun 2023 adalah mengikuti kelas sertifikasi drone. Meskipun saya masih belajar ini ilmu baru buat saya. Jadi sangat berkesan belajar tentang dunia penerbangan.

10. Mendapatkan banyak job

Pastinya ini juga menjadi pencapaian yang harus saya syukuri tahun 2023. Karena tahun 2023 job menulis sebagai blogger sekaligus juga influencer cukup banyak. Alhamdulillah.

Sebenarnya masih banyak lagi pencapaian yang sangat membuat saya senang dan bersyuukur, tapi sepertinya mungkin itu yang paling berkesan buat saya. 

Terima kasih tahun 2023, begitu banyak pelajaran penting yang saya dapat selama tahun 2023. Membuat saya jauh lebih matang dalam berbagai hal, emosi, pikiran, tindakan, dan lainnya. Banyak senyum yang terukir selama tahun 2023, meskipun ada juga air mata. Namun alhamulillah lebih banyak senyumnya.

Welcome 2024, hope everything will be better and all my dreams come true. Aamiin allahuma aamiin.

Bagaimana dengan kamu, boleh banget untuk sharing di kolom komentar.

1 Coment

  1. aku pengen banget mendaki belum kesampean euy, semoga 2024 diberi rejeki dan kesehatan agar bisa tercapai ya :D

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.