TIPS SUKSES MENJADI TRAVEL BLOGGER

Belakangan ini nama Travel Blogger kian dikenal masyarakat umum. Eksistensinya dalam dunia sosial media kian mendapatkan tempat. Apalagi jika ditekuni profesi ini dapat menghasilkan pundi-pundi yang sangat besar. Jalan-jalan sambil dibayar, siapa yang tak menginginkannya.

Lebih dari itu kehadiran Travel Blogger ini, mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan pariwisata. Karena dari merekalah banyak orang mendapatkan informasi tentang sebuah destinasi wisata. Sehingga catatan pengalaman para Travel Blogger ini banyak dijadikan referensi oleh banyak orang.

tips sukses travel blogger


Namun untuk menjadi seorang travel blogger yang dijadikan referensi oleh banyak orang, pastinya membutuhkan keahlian khusus dan juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun jangan khawatir, saya memiliki beberapa tips untuk menjadi Travel Blogger yang banyak dicari oleh pembaca. Apa saja? Let's check it out. 

Tips Menjadi Travel Blogger Bagi Pemula

Ini dia beberapa tips sukses menjadi Travel Blogger yang banyak dijadikan referensi oleh orang lain.

1. Buat ciri khas dan keunikan sendiri

Jika kamu ingin dikenal sebagai salah satu Travel Blogger, langkah pertama kamu harus mempunyai ciri khas atau keunikan tersendiri yang mudah dikenal orang banyak sebagai personal banding kamu. Sehingga kamu berbeda dengan travel blogger lainnya dan mudah dikenali. 

Kamu bisa menggunakan bahasa gaul yang khas, sapaan yang khas, atau mempunyai gaya storytelling yang detail, atau misalkan gambar yang unik. Ciri khas yang kamu gunakan akan mempermudah orang mengenal kamu sebagai travel blogger yang khas atau unik.

2. Buat konten, photo, dan video berkualitas

Selain mempunyai ciri khas dan keunikan yang mudah dikenali, kamu sebagai travel blogger pemula harus memproduksi konten-konten yang berkualitas. Baik itu tulisan maupun gambar atau video. Konten-konten yang berkualitas akan memudahkan kamu dikenal oleh banyak pembaca. 

Paling penting dengan konten yang memiliki kualitas tinggi seperti tulisan, photo dan video akan memudahkan para pembaca dalam mendapatkan informasi secara detail dan menyeluruh tentang destinasi wisata yang kamu kunjungi. Termasuk juga soal kulinernya, penginapan, dan juga transportasi yang bakal digunakan.

Photo dan video yang berkualitas tinggi akan memudahkan pembaca mengenali destinasi wisata dengan sangat baik. Begitu pula dengan tulisan yang berkualitas akan memudahkan Google membaca seberapa relevan konten yang dibuat. Untuk tulisan buatlah minimal 300 kata dan semakin panjang maka akan semakin bagus. Namun jangan asal-asalan tetap jaga kualitasnya dan hindari plagiarisme.

3. Interaksi dengan pembaca

Selalu jaga interaksi kamu dengan para pengikut atau pembaca setia kamu. Salah satunya adalah dengan membalas komentar yang mereka tinggalkan. Selain itu kamu dapat berinteraksi dengan mereka, mengenai apa yang bisa diperbaiki dari blog kamu. Pastinya hal itu akan sangat membantu blog kamu lebih berkualitas lagi.

Atau kamu bisa berinteraksi dengan mereka soal tema tulisan apa yang ingin mereka baca dan ingin kita tampilkan. Atau masukan-masukan mengenai apa yang ingin mereka ketahui lebih detail. Pastinya hal ini akan sangat membantu kualitas blog kamu semakin bagus dan berkualitas.

4. Konsisten dalam membuat konten

Ini biasanya yang paling struggle bagi setiap orang yaitu membuat konten secara konsisten. Kamu wajib rajin mengisi blog kamu secara rutin. Misalnya Seminggu dua kali di hari Senin dan Kamis di jam 8-10 malam.

Dengan rajin membuat konten secara rutin maka pembaca sudah mengetahui jadwal kamu kapan mempublish artikel. Selain itu dengan semakin rajin dan rutin membuat konten berkualitas juga, akan menarik trafik semakin banyak ke blog kamu. Selain keuntungan soal trafik, kita juga akan diuntungkan dengan mudahnya monetasi blog. Baik itu berupa adsense, pemasangan iklan, afiliasi, atau tawaran kerjasama dari pihak sponsorship.

5. Pelajari ilmu seputar blog

Tidak hanya keahlian dalam menulis, berphoto, dan video yang wajib kamu miliki ketika menjadi seorang travel blogger, tetapi kamu wajib juga mempelajari hal lainnya. Salah satunya adalah teknik SEO yang bisa kamu terapkan ke dalam blog kamu. 

Untuk menarik pembaca, bahkan dengan penerapan dan optimalisasi teknik SEO dapat menarik uang untuk datang. Selain itu dengan menerapkan teknik SEO, berpotensi besar membuat artikel-artikel kamu berada di halaman utama Google. Tentu saja hal ini akan membuat trafik kamu semakin naik.

6. Dukung dengan jaringan internet cepat

Salah satu kuat sukses seorang travel blogger juga tidak terlepas dari kehadiran dan dukungan internet cepat. Karena dengan internet cepat, maka tidak lagi ada hambatan saat sedang membuat konten tulisan, mencari referensi, editing photo, atau video dengan aplikasi online, atau tidak lagi ada hambatan saat akan mempublikasi kan artikel kapan saja dan dimana saja. 

Nah untuk internet cepat saya menggunakan IndiHome dari Telkom Indonesia. Layanan internet IndiHome dari Telkom Indonesia ini sudah masuk ke berbagai pelosok nusantara Indonesia. Layanan internet provider ini benar-benar membantu para pekerja yang menggunakan kecepatan internet. Termasuk para Travel Blogger yang pekerjaanya dalam pembuatan konten biasanya membutuhkan internet cepat. 

IndiHome dari Telkom Indonesia menyediakan berbagai pilihan paket sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. Karena memiliki berbagai harga yang bisa dipilih. Jadi tunggu apalagi yuk gunakan paket internet cepat IndiHome. Satu-satunya provider internet yang menggunakan fiber optik untuk jaringannya.

Pastinya kamu sebagai travel blogger pemula yang ingin sukses membutuhkan jaringan internet cepat untuk memproduksi konten-konten berkualitas. 

7 Coment

  1. Pengeeen banget bisa jadi travel blogger yg dikenal banyak orang , atau kalo tulisanku di blog bisa jadi referensi mereka. Itu memang tujuanku mba.

    Aku lagi berusaha utk konsisten posting seminggu sekali, kalo sebelumnya 2 Minggu sekali.

    Apalagi Skr udah ga kerja, dan draft tulisan jalan2 ku juga buanyaaaak banget yg blm di publish.

    Makanya niat pengen seminggu sekali utk publish.

    Kenapa ga tiap hari? Aku ga tertarik nulis yg hanya sekedar ditulis tapi ga ada interaksi. Mungkin buat blog bakal LBH BGS kalo rutin diisi tiap hari, tapi aku ga cari yg begitu sih. Aku pengen ada interaksi antara pembaca dan aku. Makanya slalu posting agak lamaan. 😄. Krn salah satu tujuanku nulis juga utk menambah teman2, salah satunya melalui interaksi di blog.

    Aku juga pake Indihome. Sampe Skr masih. Blm tertarik ganti lain, udh cukup puaaas banget Ama koneksinya. Apalagi jarang eror. Kalopun sesekali pernah, tapi respon cs nya dan teknisi cepet banget. Itu yg penting

    BalasHapus
  2. Dulu suka banget jalan-jalan, tapi enggak rajin nulis. Sekarang pengen rajin nulis, malah momen jalan-jalan nya yang enggak ada. Hiks,
    Tapi internet memang penting banget di mana pun dan kapanpun.l ya kak.
    Apalagi kalau pas bikin konten. Dengan internet optimal bisa upload sesuai keinginan.

    BalasHapus
  3. Kalau punya hobi atau kesempatan buat jalan2 juga pengen bisa deh jadi traver blogger. Kelihatannya seru aja karena kita bisa bepergian ke banyak tempat, di dalam maupun luar negeri lalu mengabadikannya di blog. Namun tentunya butuh kekonsistenan ya dan paling penting juga harus didukung dengan koneksi internet yang cepat seperti yang udah dijelaskan di atas.

    BalasHapus
  4. Biasanya kalau travel blogger emang utuh internet cepet sih karena harus update juga disosial media, blog dan youtube biar kalo upload video atau gmbar yang gede bisa langsung terkirim dengan nyata

    BalasHapus
  5. Pengen juga jadi travel blogger yang sukses. Semua upaya sudah dilakukan tapi memang butuh konsisten dan upaya yang maksimal untuk mencapai tujuan. Dan perlu internet cepat juga buat selalu update ya kan

    BalasHapus
  6. Pengen jadi travel blogger juga makanya nulis buku jadi travel blogger sukses dan bikin blog pejalan santai, hehe semoga konsisten walaupun belum bisa jalan-jalannya yang jauh

    BalasHapus
  7. Suka banget sama tulisan para sahabat travel blogger.
    Karena gimana pun, aku tetep butuh referensi kalau sedang berada di kota lain. Dari mulai lokasi wisata kekinian sampai makanan legend.

    Kunci konsisten membuat konten ini yang harus dipegang banget.
    Agar tetap terbaca baik di mata google dan ini membutuhkan sambungan internet yang lancar jaya jaya jaya. Menggunakan IndiHome, salah satu rekomendasi provider internet terbaik Indonesia.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.