BAGIAN MOTOR YANG WAJIB DICEK SAAT SERVICE MOTOR

Sebagai perempuan saya biasanya urusan motor hanya pakai saja, jarang sekali melakukan perawatan termasuk service motor. Berbeda dengan adik perempuan saya, dia terbiasa melakukan servis motor sendiri tanpa bantuan orang lain. Sekali waktu saya ikut adik ketika akan service motor di bengkel motor yang tidak terlalu jauh dari rumah.

planet ban


Diam-diam saya perhatikan si adik ketika mengobrol dengan teknisi bengkel. Sepertinya dia begitu tahu banyak soal urusan permotoran termasuk bagian apa saja yang wajib dicek ketika melakukan servis motor. Sampai akhirnya saya tahu ternyata tidak hanya satu dua bagian saja yang wajib dicek tapi ada beberapa bagian lain juga yang wajib dicek saat service motor agar performa motor semakin maksimal. Apa saja bagian motor yang wajib dicek saat service motor, ini dia bagian-bagiannya.

Bagian Motor Yang Wajib Dicek Saat Service Motor

1. Aki atau Accu

Aki adalah salah satu bagian motor yang wajib dicek saat dilakukan service motor. Menggantinya secara rutin akan menjaga performa kendaraan tetap aman. Pada dasarnya tegangan aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Jika tidak sesuai biasanya ada kebocoran atau kondisi terminal berkarat, atau masalah lainnya. Dan jika terjadi kerusakan maka wajib segera diganti agar motor dapat digunakan dengan nyaman.

2. Ban

Ban menjadi salah satu bagian penting yang wajib dicek saat service motor karena sangat erat kaitannya dengan keamanan dan keselamatan. Maka lakukan secara berkala bahkan sebelum digunakan ban wajib dicek dengan teliti. Biasanya pada saat service motor, mekanik akan lebih fokus memeriksa tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

3. Filter Udara

Filter udara mempunyai fungsi sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar tidak ada kotoran yang masuk, yang akan menyumbat menyumbat sistem injeksi dan karburator. Setelah dilakukan pemeriksaan, maka mekanik akan menginformasikan jika memang harus diganti atau cukup dibersihkan saja.

4. Oli Mesin

Oli mesin mempunyai fungsi sebagai pelumas, pendingin, sekaligus pelindung mesin. Sehingga menggantinya secara rutin adalah cara terbaik untuk membuat mesin motor tetap awet. Gantilah oli mesin sesuai dengan jarak tempuh yang direkomendasikan oleh pabrikan. Biasanya sekitar 2500 km pada umumnya. Harga Oli mesin berbeda-beda setiap merek, gunakan oli mesin yang berkualitas.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

service motor


5. Tune up Motor Rutin

Bagian lain yang wajib dicek saat service motor adalah melakukan service motor tune up. Servis rutin ini meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan ini biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, pembersihan karburator atau saringan udara, pemeriksaan terhadap tegangan rantai, rem, dan juga klakson.

Namun terkadang tune up juga menyertakan penggantian oli mesin, oli gardan, atau sparepart lainnya. Namun sebelum dilakukan penggantian, mekanik akan menginformasikan terlebih dahulu kepada pemilik kendaraan dan jika memang setuju untuk dilakukan penggantian, maka tim mekanik akan melakukan perbaikan dan penggantian.

Selain memperhatikan bagian apa saja yang wajib dicek saat service motor, memilih tempat bengkel service motor terbaik juga wajib dipertimbangkan. Pilihlah bengkel yang sudah dikenal mempunyai kualitas layanan terbaik seperti Planet Ban.

Service Motor di Bengkel Service Motor Terbaik

Memilih bengkel terbaik untuk servis motor sangat wajib diperhitungkan, agar kendaraan kamu setelah dilakukan servis semakin nyaman dan pastinya juga dari sisi harga tidak begitu menguras kantong.

Salah satu bengkel service motor terbaik yang lokasinya banyak tersebar di seluruh Indonesia adalah Planet Ban. Di bengkel ini semua pelanggan akan mendapatkan service motor rasa mesin baru. Wah apa itu servis mesin rasa baru?

Layanan Planet Ban servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan service motor ini adalah untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat namun pastinya dengan biaya yang lebih hemat.

Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru ini adalah yaitu bagian vital motor yang letaknya tersembunyi dan biasanya jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin saat dilakukan servis atau pun pada saat pengecekan harian oleh pemilik kendaraan.

Lalu apa saja manfaat yang akan didapat oleh para pelanggannya ketika melakukan servis motor di Planet Ban?

  • Mesin motor awet. Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi yang sangat aman untuk kendaraan dan dapat meningkatkan performa motor dan membantu memproteksi mesin. Oli dan cairan berteknologi tinggi ini akan membuat mesin motor menjadi lebih awet sehingga jarang sekali rusak.
  • Tarikan mesin enteng. Jika pemilik kendaraan memadukannya dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan menjadi lebih enteng.
  • Hemat biaya. Proses servis penggantian oli cukup setelah jarak tempuh 5000 km saja yaitu sekitar antara 4-6 bulan. Sehingga pemilik motor tidak harus sering ke bengkel untuk melakukan service. Tentu saja hal ini membuat biaya servis menjadi lebih hemat.
  • Bantu menjaga lingkungan. Dengan menggunakan oli dan cairan berkualitas tinggi, para pemilik motor bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor akan berkurang.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan Tempat Lain

Banyak sekali perbedaan servis motor di Planet Ban dengan di tempat lainnya.

  • Hasil service maksimal. Salah satunya adalah proses servis yang sangat maksimal. Jika melakukan servis motor di tempat lain kadang masih suka ada kotoran, debu, atau sisa pembakaran yang tertinggal, bahkan sering ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang akan membuat motor terasa berat. Di Planet Ban, kendaraan motor kamu akan diservis dengan bersih maksimal. Semuanya akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan mekanik akan membersihkan motor kamu samapai kepala silinder, blok CVT, klep motor, piston, throttle body.
  • BBM lebih hemat. Semuanya akan bersih dan terbebas dari sisa pembakaran, debu, dan juga kotoran lainnya. Dijamin semuanya seperti mesin baru. Sehingga tarikannya menjadi lebih enteng, emisi dijamin turun 70%, BBM menjadi lebih hemat, dan pastinya mesinnya menjadi bersih total.
  • Biaya servis terjangkau. Selain itu harganya juga sangat terjangkau. Untuk servis motor injeksi hanya dikenakan biaya Rp20.000,00, servis CVT termasuk rantai dikenakan biaya Rp19.500,00 saja. Dan servis throttle body  hanya cukup membayar Rp20.000,00 saja. Sangat terjangkau dan ramah di kantong bukan?

Dengan ikut servis motor bersama adik saya ke Planet Ban, akhirnya sekarang saya jadi mengetahui banyak soal bagian apa saja yang wajib dicek saat akan melakukan servis motor. Termasuk penggantian oli motor matic adik yang harus diganti secara berkala.

Selain itu saya jadi tahu mengenai layanan terbaik yang diberikan oleh Planet Ban. Selain membuat performa motor menjadi semakin nyaman dan aman, harga yang diberikan juga sangat ramah di kantong. Jadi yuk servis motor ke Planet Ban sekarang juga untuk merasakan layanan servis motor rasa baru.

18 Coment

  1. Service motor memang perlu dilakukan secara berkala agar mesin terjaga dengan baik, dan performanya tetap optimal. Saya sih pasti cek ban setiap waktu dan oli rutin sesuai petunjuk service.,

    BalasHapus
  2. Sering denger tentang planet ban, kirain service di sini mahal. Ternyata masih terjangkau ya, bisa nih kalau mau service-service kendaraan ke Planet Ban aja

    BalasHapus
  3. Semuanya penting sih tapi aku paling fokus di band dan olinya, eh tapi perlu banget sih service rutin, apalagi bagian busi, paling sering lupa untuk diperhatikan

    BalasHapus
  4. Saya servis injeksi di Planet Ban sekitar 170ribuan. Hasilnya lumayan mesin terasa lebih ringan. Sudah dua kali ke Planet Ban, yang pertama cuma ganti oli aja. Nice share

    BalasHapus
  5. Paling gampang dicek itu ban, abis itu ingetnya oli. Setelah itu baru kampas rem. Kalau lain2 lagi saya kurang paham, makanya tiap 3 bulan sekali rutin cek di bengkel kesayangan dekat rumah. Daripada kenapa2 di jalan ya kan...

    BalasHapus
  6. ganti oli secara berkala paling dasar banget dalam perawatan. Pengalaman ganti oli di planet ban bikin puas banget dengan pelayanannya yang cepat dan bisa dibayar dengan cash atau e-wallet dengan harga yang reasonable

    BalasHapus
  7. Cewe2 nih kalo pake motor cuma bisa pake doang. Gitu kata meme meme yang ada di IG hehehe. Emang iyah. Padahal servis motor sednri juga harus bisa dilakukan para ciwi2. Apalagi rutin servis kampas rem, gantii oli atau aki yha kan. untung rumahku deket Planet Ban jadi bisa servis ke sana sendiri.

    BalasHapus
  8. Mendingan cek rutin menyeluruh ke bengkel ya, sekalian servis. Sering ngeri lihat motor-motor dengan roda udah gundul masih seliweran di jalan.

    BalasHapus
  9. Harganya cukup terjangkau ya di planet ban. Servis motor memang wajib banget biar motor awet, nyaman dan aman saat berkendara di jalanan

    BalasHapus
  10. Jadwal cek rutin motor memang gak boleh kelewat ya.
    Apalagi soal mesin, karena terkait keselamatan berkendara juga

    BalasHapus
  11. aku blm ernah cobain service di planet ban sih. bahkan baru tahu kalo bisa service. aku kira cuma bisa ganti ban aja ehehe. boleh lah ya soalnya deket rumah ada planet ban

    BalasHapus
  12. Aku kadang jg ga ngerti bgt mslh motor. Tp yg plg aku tahu, suka mencatat kapan terakhir ke bengkel. Dan hal apa aja yg prlu diganti/diservice dlm bbrp wkt. Untung aja service di Planet Ban selalu memuaskan. Pelayanannya jg cepat.

    BalasHapus
  13. Kalau motor matic biasanya aki ya yang utama di cek sama ganti oli. Biasanya suami juga service di Planet Ban karena lebih oke pelayanannya

    BalasHapus
  14. setuju kak, memang itu hal2 yang dasar banget yaa tapi perlu kita cek biar kita juga bisa tau itu aki masih ok ngga.. ban udah alus banget atau belum

    BalasHapus
  15. Wajib banget untuk rutin cek motor ke bengkel ya kak
    Agar performa motor tetap optimal

    BalasHapus
  16. Planet Ban bisa diandalkan banget yaa..
    Ada banyak yang dilakukan agar motor tetap nyaman dipakai dan awet. Perawatan berkala akan membuat motor lebih gesit.

    BalasHapus
  17. Iyeesss semua yang disebutkan sangat penting, tentu melakukan service berkala gak harus nunggu rusak yaa. Karena ini demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara di jalan.

    BalasHapus
  18. Saya paling takuut sama aki soalnya bisa nyetrum wkwk ngga cuma itu kalo salah2 pasang jepitannya itu jadi rusak.. wkwk

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.