7 JENIS MASKER WAJAH DAN FUNGSINYA

Masker Wajah. Masker wajah memiliki ragam dan jenis. Semuanya mempunyai fungsi masing-masing untuk wajah. Namun semuanya memiliki fungsi untuk membuat kulit wajah semakin sehat dan cantik. Kamu dapat memilih sesuai kebutuhan dan jenis kulit yang kamu miliki.

Biasanya orang akan menggunakan masker wajah antara 10 sampai 20 menit, kemudian dibersihkan. Namun ada juga beberapa masker yang dapat digunakan sepanjang malam. Masing-masing masker mempunyai cara penggunaan yang berbeda-beda. Yang pasti pada saat bangun tidur di pagi hari kamu akan mendapati kulit wajah yang lebih segar dan sehat.

jenis masker wajah


7 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya

Ini dia beberapa jenis masker wajah yang dapat kamu pilih sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit kamu.

1. Clay Mask

Masker wajah pertama yang dapat kamu pilih adalah Clay Mask. Awalnya belum begitu banyak orang mendengar soal masker ini. Namun belakangan ini justru clay mask mulai populer di kalangan para perempuan. Masker ini terbuat dari bahan dasar tanah liat yang memiliki kandungan mineral yang sangat baik untuk kulit wajah.

Biasanya clay mask menggunakan bahan kaolin atau bentonite. Fungsi bahan ini untuk menyerap minyak berlebih pada kulit wajah, membersihkan kulit wajah dari kotoran atau debu maupun sel kulit mati, juga membantu mengatasi masalah komedo dan jerawat yang membandel.

Cara penggunaannya sama dengan masker lainnya yaitu cuci muka terlebih dahulu lalu keringkan. Baru oleskan clay mask secara merata di seluruh wajah kecuali bibir dan area sekitar mata. Tunggu sampai mengering baru dibersihkan dengan handuk hangat. Gunakan 1-2 kali dalam seminggu untuk tipe wajah yang berminyak. Cukup 1 kali dalam seminggu untuk kamu si pemilik kulit kering.

2. Exfoliating Mask

Exfoliating mask berfungsi untuk mengangkat atau mengelupas sel kulit mati pada wajah yang menyebabkan wajah kusam. Masker ini cocok digunakan untuk pemilik kulit kering. Namun tetap cocok digunakan oleh semua jenis kulit. Biasanya exfoliating gel mengandung bahan asam hidroksi seperti asam glikolat atau laktat, dan juga enzim buah seperti apda nanas atau pepaya. Gunakan masker ini cukup satu kali dalam seminggu. 

3. Gel Mask

Masker wajah ini cocok untuk kamu si pemilik wajah yang sensitif. Karena masker gel bersifat lembut, ringan dan mudah meresap di kulit. Sehingga membuat kulit wajah terhidrasi secara maksimal dan hasilnya wajah terasa lebih kenyal dan lembut.

Gel mask memiliki fungsi utama sebagai pelembab dan membantu menenangkan kulit. Cocok buat kamu yang memiliki kulit kering. Bahan alami yang digunakan untuk jenis masker ini adalah mentimun, mint dan teh hijau.

4. Mud Mask

Mud mask adalah salah satu jenis masker yang belum begitu familiar. Masker ini terbuat dari lumpur yang umumnya mengandung banyak mineral yang diolah dari lumpur abu vulkanis atau berasal dari lumpur laut. Masker ini memiliki kandungan bahan air yang lebih banyak atau water-based sehingga dipercaya dapat menghidrasi kulit wajah lebih maksimal. Cocok sekali buat si pemilik kulit kering.

mud mask


Fungsi lainnya dari masker ini memang untuk memperlancar sirkulasi peredaran darah pad akulit wajha serta membersihkan wajah dari deu dan kotoran. Juga dapat membantu melembabkan dan membuat wajah menjadi lebih segar, cerah, dan lembut. Mud Mask dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Oleskan kurang lebih selama 20-30 menit lalu bilas dengan air hangat. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maskimal.

5. Peel Off Mask

Jenis makser peel off mask merupakan jenis masker yang berbentuk krim atau gel. Umumnya kering setelah beberapa menit dioleskan pada wajah. Ketika mengering teksturnya akan berubah menjadi seperti karet elastis dan cara melepasnya adalah dengan mengelupasnya dari wajah.

Fungsi peel off mask yaitu untuk mengangkat komedo yang membandel, mengangkat kotoran, minyak serta sel kulit mati pada wajah. Jika kamu memiliki jenis kulit sensitif disarankan untuk tidak menggunakan peel off mask ini. Karena, proses pengelupasan maskernya justru akan membuat kulit kamu iritasi.

6. Sleeping Mask

Masker Sleeping ini pertama kali dikenal berasal dari Korea Selatan. Dari namanya sudah bisa kita tebak bahwa masker ini digunakan pada saat tidur, yaitu sepanjang malam. Masker ini akan membantu meremajakan, menghidrasi, serta melembabkan kulit secara menyeluruh. Sehingga pada saat bangun tidur kulit wajah anda akan terasa segar, lembab, lembut, dan terasa kenyal.

Sleeping mask biasanya berbentuk gel atau krim. Cara penggunaannya dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit wajah sebelum tidur. Banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan menggunakan sleeping mask ini yaitu dipercaya dapat membantu melembabkan kulit lebih baik lagi dibandingkan dengan penggunaan krim malam.

7. Sheet mask

Masker satu ini paling banyak diminati oleh para perempuan. Selain praktis digunakan, sheet mask juga mampu memberikan hasil yang lebih memuaskan dan memiliki banyak varian dan juga dapat dipilih sesuai dengan jenis kulit. Sama dengan mask lainnya, sheet mask berfungsi untuk membantu melembabkan dan mencerahkan wajah.

sheet mask


Itu dia tujuh jenis masker wajah dan fungsinya yang paling sering banyak digunakan oleh perempuan maupun laki-laki. Jangan lupa untuk memilih masker sesuai dengan fungsi dan juga sesuai dengan jenis kulit kamu. Gunakan juga masker sesuai dengan aturan pakai, jangan lebih dari 20 menit. Untuk hasil maksimal gunakan secara rutin semisal 2 kali dalam seminggu atau minimal 1 kali dalam seminggu. Kamu punya pengalaman menggunakan masker wajah, yang mana yang pernah kamu gunakan?

14 Coment

  1. Dari sederetan jenis masker ini, aku baru coba yang sleeping mask. Eh yang mud kayaknya pernah juga pas dulu zaman sma jerawatan parah dan dipaksa ibu perawatan muka di salon hahaha.

    Aku kurang telaten pake masker begini, padahal enak banget dan fungsinya oke. Suka sirik kalo liat video ada pasangan yang saling ngemaskerin gitu, eaaa

    BalasHapus
  2. Pengen cobain clay mask siih. Soalnya kebetulan mukaku tuh lumayan berminyak, jadi mesti pilih masker yang tepat pula. Biasanya cowok tuh jarang pake-pake yang namanya masker, tapi sekarang mah udah lumrah yaa. Udah biasa aja.

    BalasHapus
  3. iyaaa yang mud mask sepertinya masih jarang lebih sering liat claymask yang berseliweran hehe...beberapa sudah pernah coba tapi aku bukan orang yg telaten pakai mask2 gini hihihi

    BalasHapus
  4. Yup... Pilihlah masker sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kamu dengan rajin memakai masker bisa jadi perawatan muka jadi awet muda dan kinclong...

    BalasHapus
  5. Saya pernah sampai ketiduran paginya itu bahaya nggak sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab, kalo memang disarankan utk 20 menit, jgn lebih apalagi ketiduran. Krn justru kulit akan keriing nantinya. Semua kelembapan nya hilang

      Hapus
  6. Aku baru aja pake exfoliating mask nih, Kak. Pengen beli clay mask soalnya cocok untuk normal to oily skin.

    BalasHapus
  7. dulu mungkin kalau pakai masker wajah pilihannya cuman satu, sekarang hampir semua jenis masker aku cobain. Memang praktis menurutku yang sheet mask dan peel off mask. Koleksi sheet mask-ku lumayan juga, jadi kalau lagi mageran maskeran sama yang model mud mask, aku ambil sheet mask dan tinggal rebahan aja

    BalasHapus
  8. Semua pernah saya cobain nih. Masing-masing punya kelebihan tersendiri yaa. Untuk sekarang ini saya rutinnya pake exfoliating mask sama sheet mask aja nih, masih ada sisa-sisa dari sponsor. Haha. Maskeran itu buat saya me time, jadi suka banget pakai masker wajah.

    BalasHapus
  9. Bener, favorit aku jg sheet mask. Krn gampang dipake n dilepas. Kadang² pake peel off mask juga, n jarang² pake Clay mask. Aku bm pernah coba exfoliating mask nih

    BalasHapus
  10. Pernah semua sih, tapi fav ku yg sheet mask dan sleeping mask mba.

    Dulu paling suka Ama yg peel off, kayak ada kepuasan tersendiri pas menarik maskernya 😄.apalagi kalo banyak komedo yg nyangkut hahahah.

    Tapi Skr udh jarang pake itu. LBH ampuh sheet mask dan sleeping mask kalo di aku

    BalasHapus
  11. Dari ketujuh masker tersebut ternyata aku baru menggunakan Sheet mask, exfoliating mask. Yang lain belum pernah coba, tapi jujur jadi makin tau fungsi masing-masing masker 🤩 thank you so much

    BalasHapus
  12. Paling suka sama clay mask dan mud mask.
    Soalnya dulu skripsiku ada hubungan sama bahan-bahan ini, sehingga kalau masker berbahan ini tuh berasa relate ama tulisanku sendiri. HIhihi, memang aga ribet karena kudu nunggu kering dulu. Tapi overall, aku suka banget. Deep cleansing, bikin kulit bersih sampai ke lapisan kulit paling bawah.

    BalasHapus
  13. Sebenarnya aku lebih suka pakai claymask tapi sekarang malah lebih praktis yg sheetmask ya.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.