KETAHUI 7 PENYEBAB LIDAH BERWARNA PUTIH DAN TANYA DOKTER SEGERA

Lidah yang sehat adalah lidah yang berwarna merah muda atau pink dan memiliki lapisan putih tipis di atasnya. Dan jika lidah anda berwarna putih tebal, hal tersebut mengindikasikan ada masalah kesehatan tertentu. Lidah putih sendiri adalah kondisi lidah yang diselimuti dengan bercak putih. Baik menutupi sebagian atau seluruh lidah.

Sebenarnya tidak semua lidah berwarna putih mengindikasikan mengalami gangguan kesehatan. Lidah putih memiliki berapa variasi normal. Namun untuk memastikannya, jika anda mengalami lidah berwarna putih, sebaiknya segera tanya dokter untuk mengetahui apakah lidah putih tersebut normal atau bermasalah.

penyebab lidah berwarna putih


7 Penyebab Lidah Berwarna Putih

Jika hasil pemeriksaan dokter dinyatakan lidah putih anda normal, berarti anda aman. Namun jika ternyata hasil pemeriksaan mengindikasikan adanya gangguan kesehatan, anda wajib mengobatinya. 

Sebelum melakukan beberapa pengobatan untuk lidah putih anda, anda wajib mengetahui beberapa penyebab lidah berwarna putih. Berikut adalah beberapa penyebab lidah berwarna putih.

1. Jarang menjaga kebersihan mulut

Jika anda jarang melakukan sikat gigi, flossing, atau membersihkan lidah secara rutin, hal ini dapat menyebabkan lidah menjadi putih. Dimana sisa makanan, kotoran, bakteri, kuman, dan sel mati menumpuk di antara papillae yaitu bintik-bintik kecil yang terdapat apda lidah. 

Hal ini menyebabkan papillae menjadi besar yang menyebabkan munculnya bercak putih di permukaan lidah anda. Maka dari itu rajinlah melakukan sikat gigi, flossing, dna membersihkan lidah secara rutin.

2. Terkena infeksi jamur

Penyeban lidah berwarna putih berikutnya adalah karena adanya infeksi jamur yaitu candida atau oral thrush. Lidah berwarna putih ini dapat dibersihkan dengan cara dikerok jika memang penyebabnya adalah karena infeksi jamur.

Orang yang memiliki sistem imun lemah seperti bayi dna lansia sangat rentan mengalami infeksi jamur. Selain itu orang yang sakit diabetes, terkena HIV/AIDS, kekurangan vitamin D atau zat besi, serta orang yang menggunakan gigi palsu juga sangat rentan terkena penyakit infeksi jamur yang akan menyebabkan lidah berwarna putih.

3. Leukoplakia

Leukoplakia adalah kondisi yang menyebabkan munculnya bercak putih keabuan pada bagian mulut. Biasanya bagian lidah yang terdapat bercak akan terasa lebih kaar dan tebal. Bercak ini berbeda dengan sariawan biasa atau infeksi jamur. Biasanya susah dikerok ataupun dengan cara disikat. Hal ini disebabkan karena iritasi kronis pada selaput lendiri mulut.

4. Oral Lichen Planus

Aral lichen planus adalah kondisi yang menandakan adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh.  Dan salah satu tandanya adalah munculnya bercak putih pada lidah. JAdi untuk memastikan apakah bercak putih pada lidah anda, harus dilakukan pemeriksaan secara detail oleh dokter.

5. Kebiasaan buruk

Penyebab lidah berwarna putih lainnya adalah karena kebiasaan buruk yang sering dilakukan sehari-hari. Misalnya merokok, mengunyah tembakau, dan mengkonsumsi alkohol dalam jangka panjang dan berlebihan. Kebiasaan buruk di atas dapat menjadi penyebab lidah berwarna putih.

6. Demam tifoid

Penyebab lidah berwarna putih lainnya adalah demam tifoid. Demam tifoid biasanya ditandai dengan lidah yang berselaput serta memiliki tepi lidah yang merah dan bagian tengan berwarna putih. 

Selain memiliki bercak putih pada lidah demam tifoid juga memiliki tanda demam, tubuh lemas, pusing, serta diare. Penyakit ini terjadi pada musim panas yang ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar oleh feses atau urin penderita. Jadi jika di musim panas anda mengalami bercak putih pada bagian tengah lidah bisa jadi anda mengalami demam tifoid ini.

7. Sifilis

Sifilis adalah penyakit yang disebabkan oleh aktivitas seksual yang dilakukan oleh mulut seperti oral seks. Sifilis pada area mulut ditandai dengan luka di lidah atau bagian dalam bibi yang memiliki tanda bercak putih yang memiliki rasa nyeri.

Selain penyebab lidah berwarna putih di atas, bisa juga terjadi karena dehidrasi parah, mulut kering, iritasi di dalam mulut, mulut kering, sampai dengan penggunaan gigi palsu dan kawat gigi. 

Lalu bagaimana cara pengobatan untuk lidah berwarna putih? Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati menghindari penyabab lidah berwarna putih. 

Salah satunya adalah dengan rajin menjaga kebersihan area gigi dan mulut. Lakukan sikat gigi secara rutin dan teratur dua kali dalam sehari yaitu pagi dan malam. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Gunakan juga pasta gigi yang yang memiliki sifat anti bacterial dengan kandungan bahan zinc mineral  yang dapat menjaga kesehatan gusi dan telah teruji secara klinis yang mampu memberikan perlindungan terhadap gigi dari plak. Pilih juga pasta gigi yang dapat membersihkan 99% bakteri gigi, gusi, lidah, dan pipi. Tidak lupa juga untuk selalu rajin flossing dan membersihkan lidahs ecara teratur.

0 Coment

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.