10 IDE KEGIATAN SERU UNTUK KUMPUL KELUARGA LEBARAN

Hari Raya Idul Fitri atau hari raya Lebaran adalah hari penting bagi umat Islam. Lebaran menjadi momen untuk merayakan hari kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan dan saling bermaaf-maafan. Lebih pentingnya puasa membuat diri menjadi lebih baik dan kembali fitrah.

Selain itu lebaran juga menjadi momen berkumpul dengan keluarga besar. Tentu saja momen ini kehadirannya sangat ditunggu-tunggu. Karena biasanya keluarga akan berkumpul lengkap pada hari raya Lebaran ini. Ada berbagai kegiatan yang akan membuat kumpul keluarga lebaran semakin menyenangkan.

kumpul keluarga lebaran
Ide kegiatan seru untuk kumpul keluarga lebaran
Sumber Dok: https://canva.com/, redesign by Penulis


Ide Kegiatan Seru Saat Kumpul Keluarga Lebaran

Untuk membuat momen kumpul keluarga Lebaran semakin menyenangkan dan tidak terlupakan, ada banyak ide kegiatan seru yang bisa kita lakukan. Dan ini dia beberapa ide kegiatan seru untuk kumpul keluarga Lebaran makin menyenangkan.

1. Makan bareng makanan khas Lebaran

Kumpul keluarga saat lebaran tidak lengkap rasanya kalau misalkan tidak ada acara makan-makan. Biasanya kita akan berkumpul di satu rumah yang sudah ditentukan. Umumnya acara kumpul keluarga Lebaran di rumah orang yang dituakan.

Nah momen ini biasanya kita akan berkumpul dan makan bareng dengan seluruh keluarga. Berbagai hidangan disediakan untuk membuat suasana makan semakin asik. Tak lupa makanan khas lebaran pun dihidangkan. Mulai dari ketupat, opor, sate, dan camilan berbau lebaran seperti nastar, kue salju pun tersedia. Momen makan-makan di hari raya Lebaran ini tak akan pernah terlupakan.

makan makan kumpul keluarga lebaran
Kumpul keluarga lebaran dengan makan bareng makanan khas lebaran
Sumber Dok: https://canva.com/


2. Foto bersama dengan keluarga besar

Photo bersama adalah momen kumpul keluarga lebaran yang tak pernah terlewatkan. Dan hampir semua orang pasti akan melakukannya. Photo-photo saat kumpul keluarga Lebaran akan memberikan kenangan tersendiri untuk banyak orang. Karena biasanya seluruh keluarga akan berkumpul secara lengkap.

Kapan lagi, selain pada momen Lebaran. Pastinya bakal jadi momen seru yang tak terlupakan sebagai kenang-kenangan. Maka tak heran banyak orang yang membagikan photo lebaran bersama keluarga dibagikan di media sosial.

3. Bagi-bagi THR

Budaya bagi-bagi THR bagi anak-anak atau dari keluarga yang lebih tua ke yang lebih muda adalah salah satu kegiatan seru yang ditunggu-tunggu saat lebaran. Kegiatan ini akan semakin mendekatkan seluruh keluarga dan menjadi momen tak terlupakan dan berkesan.

Jika dulu bagi-bagi THR ini selalu dalam bentuk uang, sekarang sudah tidak lagi. Ada banyak hadiah yang bisa menjadi ide untuk dibagikan sebagai THR seperti barang-barang rumah tangga misalnya air cooler, oven, atau lainnya. Bisa juga berupa voucher menginap, tiket, voucher belanja, voucher makan, dan banyak lagi.

bagi THR saat kumpul keluarga lebaran
Kumpul keluarga lebaran dengan bagi-bagi THR barang seperti Air Cooler
Sumber Dok: https://www.tokopedia.com/erocoff/gree-tower-fan-air-cooler-kapasitas-4-liter-model-gta-acool4


4. Ngonten bareng keluarga

Di zaman media sosial seperti ini, rasanya tak lengkap jika momen saat kumpul keluarga lebaran tidak diabadikan dan dibagikan melalui media sosial. Apalagi jika mengingat sebagian keluarga besar lahir pada zaman milenial atau generasi Z atau bahkan Alpha yang dekat dengan dunia teknologi.

Dimana generasi ini sangat dekat dengan dunia medsos. Jadi untuk membuat suasana kumpul keluarga Lebaran semakin menyenangkan, anda dapat membuat konten bareng dan membagikannya di laman media sosial pribadi anda.  

5. Bermain games

Kegiatan seru lainnya saat kumpul keluarga Lebaran adalah bermain games. Ada banyak permainan games yang dapat dilakukan. Pilih games yang melibatkan banyak pemain sehingga semua anggota keluarga bisa ikut berpartisipasi. Tentu saja permainan ini akan semakin mempererat hubungan keluarga.

Akan semakin ramai jika permainan ini disediakan hadiah bagi pemenangnya. Hadiahnya dapat berupa uang, voucher, atau berupa barang. Mulai dari barang yang harganya terjangkau sampai dengan yang harganya lumayan mahal. Misalnya mulai dari kaos, tumbler, sampai dengan hadiah yang harganya lumayan misalnya ac 1 pk Sharp. Pasti akan semakin seru dan seluruh anggota keluarga semakin semangat untuk mengikuti gamenya.

6. Menggelar open house

Selain makan bareng dengan keluarga, anda juga dapat menggelar acara open house untuk siapa saja yang ingin berkunjung ke rumah keluarga besar anda saat lebaran. Open house memberikan kesempatan kepada tetangga sekitar untuk berkunjung dan pastinya akan mempererat hubungan antar keluarga besar dan tetangga sekitar atau siapapun yang hadir pada acara tersebut.

Apalagi jika open house anda dengan cara mengundang anak-anak yatim piatu, anak-anak jalanan, atau orang tua yang ada di panti jompo, dan orang-orang yang membutuhkan uluran tangan kita. Kegiatan kumpul keluarga Lebaran anda akan semakin bermanfaat dan bermakna.

7. Membuat photo booth

Ide lain untuk membuat acara kumpul keluarga di saat lebaran semakin seru, anda dapat membuat photo booth di rumah. Anda dapat menyewa peralatan photo booth sederhana atau menggunakan peralatan photo seadanya di rumah dan menghiasnya dengan dekorasi minimalis.

Tambahkan smart TV untuk menampilkan hasil photo yang di layar. Pastinya kegiatan ini akan memberikan kenangan manis bagi seluruh keluarga.

photo booth kumpul keluarga lebaran
Kumpul keluarga lebaran dengan membuat photo booth
Sumber Dok: https://canva.com/



8. Family talent show

Ide kegiatan lain untuk membuat suasana kumpul keluarga pada saat lebaran makin seru adalah dengan mengadakan kegiatan family talent show. Kegiatan ini bisa berupa lomba menyanyi, menari, lomba makan banyak, membaca puisi, fashion show, memasak, dan lainnya. 

Secara tidak langsung, momen ini juga mendorong anggota keluarga untuk unjuk gigi bakat dan kemampuannya yang selama ini terpendam. Paling penting momen ini akan semakin mempererat kedekatan keluarga.

9. Karaoke bersama keluarga besar

Kegiatan seru lainnya yang dapat anda lakukan ketika kumpul keluarga Lebaran adalah berkaraoke bersama keluarga besar. Pada dasarnya orang suka dengan kegiatan seni menyanyi. Momen ini akan membuat keluarga semakin happy dengan menyanyi bersama.

10. Nonton bareng

Kegiatan seru lainnya yang dapat dilakukan pada saat kumpul keluarga Lebaran adalah dengan menonton bareng. Bagi anda yang tidak mempunyai mini bioskop, anda dapat menyulap satu ruangan sebagai bioskop untuk momen kumpul lebaran. Anda dapat menonton film favorit yang bertema lebaran, keluarga, atau lainnya.

Anda dapat menyewa sound system untuk acara tahunan ini dan menyediakan smart TV dengan layar besar agar semakin terasa suasana bioskopnya. Tentu saja smart TV dengan layar besar akan membuat suasana menonton semakin seru dan terasa menonton di bioskop. Apalagi mengingat TV pintar memiliki layar yang sangat jernih.

kumpul keluarga lebaran nonton bareng smart tv
Kumpul keluarga lebaran dengan nonton bareng
Sumber Dok: https://www.tokopedia.com/oxygen-/tv-led-changhong-24-inch-l24wg5w-digital-tv-garansi-resmi-kirim-ojol-d63ef


Itu dia beberapa ide kegiatan seru yang dapat anda lakukan saat kumpul keluarga Lebaran. Anda dapat memilih kegiatan yang sesuai dengan keluarga anda dan paling mudah dilakukan.

Dan jika anda memilih acara bagi-bagi THR, nonton bareng, atau bermain games dan hadiahnya berupa barang, misalnya Smart TV, AC, atau berupa air cooler, anda dapat membeli barang-barang tersebut di Tokopedia.

Tokopedia, Membuat Kumpul Keluarga Saat Lebaran Makin Menyenangkan

Tokopedia adalah salah satu start up ternama di Indonesia yang sudah berpengalaman dalam dunia e-commerce. Perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 2009 ini mengalami perkembangan pesat, sehingga tak heran saat ini Tokopedia sudah memiliki lebih dari 14 juta penjual terdaftar yang menawarkan lebih dari 40 produk digital.

Kurang lebih memiliki 1,8 milyar produk terdaftar yang dapat anda beli kapanpun dan dimanapun. Kehadiran berbagai produk kebutuhan hidup di Tokopedia ini membuat hidup semakin mudah. Cukup dengan menggunakan ponsel pintar, anda tunggu di rumah, barang pun tiba.

Barang yang tersedia juga termasuk barang-barang kebutuhan keluarga, seperti air cooler, Smart TV, bahkan sampai dengan AC 1 pk dengan berbagai merek seperti Sharp dan lainnya. Dengan 99% kota terjangkau untuk pengiriman barang dan > 60% pesanan terkirim paling lambat keesokan harinya,  membuat barang pesanan anda bisa dikirim kemana saja dengan tepat waktu.

Yuk nikmati belanja online di Tokopedia, dan rasakan pengalaman belanja aman dan nyaman yang terlupakan. Jadi hadiah apa yang akan anda bagikan pada saat acara kumpul keluarga Lebaran? Boleh sharing di kolom komentar.

11 Coment

  1. Boljug nih ide main games bareng keluarga besaarr. klo hadiahnya seruuuu, bakal heboh yesss.
    mau aku coba di lebaran ntar ahh.
    makasii mba

    BalasHapus
  2. Asyiik ya kalau kumpul keluarga besar pas lebaran lalu makan2, dapat angpaao, dan dapat doorprize alat elektronik. Habis lebaran langsung kaya-raya.

    BalasHapus
  3. yang paling ditunggu pas kumpul lebaran itu pembagian thr nyaaa hehehe...disitu lah saatnya anak2 merasa kayak hehehe...ditamnah hidangan wajib lontong opor nya jangn lupa..meskipun sederhana namun krn kebersamaanya jadi luar biasa :)

    BalasHapus
  4. semuanya menyenangkaan untuk dilakukan dirumah kalau sudah kumpul keluarga besar. kalau aku biasanya potluck kak, bawa makanan masing masing dan nanti makan bareng, biasanya disuruh siapin setema ama om yang paling tua. ntar anak anak sungkem lalu bagi THR dong

    BalasHapus
  5. Kumpul2 memang selalu asyik tapi kalau ada kebutuhan yg kurang saat kumpul2 itu yg kurang asyik,
    Nah TokPed memang jadi andalan, aku seh terutama hihi.

    Selamat menyambut lebaran yaa.

    BalasHapus
  6. Wah seru juga ya pas kumpul keluarga bikin photo booth lucu, karaokean bareng..mau bikin ah.. makasih idenya yaa

    BalasHapus
  7. Kak sangat menarik banget nih 10 ide kumpul bareng keluarga saat lebaran, terutama part bagi THR..yup sekarang ga mesti uang cash yaa, bisa pakai barang-barang elektronik yang sesuai sama kebutuhan penerima yaa..Tokopedia emang selalu keren nih, Aku salah satu yang selalu belanja via tokped, produknya berkualitas dan suka banyak promo baguss..auto ngecek-ngecek tokopedia deh nih

    BalasHapus
  8. Wah iya, banyak juga hal seru ya g bisa dilakukan bersama keluarga saat momen ngumpul lebaran ya
    Asik juga kalau karaoke bareng gitu

    BalasHapus
  9. Duuuh baca ini JD ga sabar nunggu lebaran. Krn udah JD tradisi biasanya kami sowan ke rumah yg dituakan dulu. Makanan lebarannya enak2, dan seneeeng bisa kumpul Ama saudara lain. Yg biasanya cuma ketemu pas hari raya aja.

    Tokopedia juga tempat andalanku utk belanja mba. Biasanya aku bakal cari di tokped dulu baru setelah itu market place lain. Ntah kenapa LBH suka Ama tokped sih, apalagi cashbacknya lebih gede drpd yg satu lagi 😄

    BalasHapus
  10. Wah boleh-boleh nih ide aktivitasnya. Aku sama keluarga palingan halal bihalal, makan, bagi2 THR, nyemil kue2, udah deh. Boleh-boleh nih idenya nanti dicoba. Bakalan seru ya.

    BalasHapus
  11. Wah boleh juga nih idenya, saya biasa di hari lebaran cuma kumpul-kumpul dengan keluarga dan silaturahmi aja. Dengan ide yang disebutkan di atas, lebaran bisa jadi lebih seru ya..

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.