10 TIPS MEMILIH MODEL KARPET RUANG TAMU MINIMALIS

Karpet ruang tamu adalah salah satu perlengkapan penting yang harus diperhatikan. Selain membuat ruangan terasa semakin nyaman, menambahkan karpet pada ruang tamu juga mampu membuat ruang tamu terlihat semakin cantik, bersih, luas, dan suasananya terasa hidup. Namun pastinya dalam memilih karpet ruang tamu tidak sembarangan. Terutama ketika memilih karpet untuk ruang tamu minimalis anda.

karpet ruang tamu minimalis


Model Karpet Ruang Tamu Minimalis Yang Membuat Ruangan semakin Cantik

Penggunaan karpet ruang tamu juga akan membuat kaki lebih nyaman saat dipijakan. Terutama bagi anda yang memiliki rumah di tempat yang berhawa dingin. Kehadiran karpet ruang tamu ini akan membantu membuat ruangan terasa lebih hangat dan nyaman di kaki.

Berikut adalah beberapa tips memilih model karpet ruang tamu minimalis yang wajib anda perhatikan.

1. Pilih warna monokrom untuk kesan elegan

Model karpet ruang tamu minimalis pertama yang wajib anda perhatikan adalah model monokrom. Dapat berupa putih, abu-abu, hitam, krem, atau coklat muda, atau warna sejenis lainnya. Anda juga dapat mengkombinasikan kedua warna monokrom tersebut, yang paling penting adalah sesuai dengan desain ruang tamu minimalis anda.

Warna monokrom seperti ini memberikan kesan mewah dan membuat ruang tamu terasa lebih luas. Tentunya juga membuat ruang tamu menjadi terasa lebih nyaman dan hangat suasananya. Warna monokrom ini sangat cocok untuk ruang tamu dengan desain minimalis.

karpet ruang tamu monokrom


2. Pilih motif yang membuat ruangan terasa luas

Banyak desain yang dapat dipilih untuk membuat ruang tamu terasa lebih luas, termasuk untuk ruang tamu minimalis. Selain monokrom, jika anda ingin memilih jenis karpet yang bermotif, maka pilih karpet dengan motif pola yang besar. 

Tetap sesuaikan motif pola dengan desain ruang tamu minimalis anda, termasuk dengan sofa ruang tamu anda. Kesesuaian ini akan membuat kombinasi warna di ruang tamu menjadi lebih indah dan nyaman dilihat. Jadi memilih motif karpet ruang tamu minimalis haruslah diperhatikan dengan tepat.

3. Gunakan karpet bulu di tempat dingin

Pilih karpet bulu tebal untuk anda yang tinggal di daerah dingin, sehingga akan membuat ruangan terasa lebih hangat dan nyaman saat dipijak karena memiliki tekstur yang lembut. Karpet ruang tamu yang terbuat dari bulu juga membuat ruangan terlihat semakin cantik. Pilih warna karpet bulu yang sesuai dengan sofa atau desain ruang tamu minimalis anda.

karpet ruang tamu minimalis


4. Pilih ukuran dan warna yang sesuai dengan ruang tamu

Ada berbagai ukuran karpet saat ini, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai dengan ukuran besar. Pilih ukuran yang sesuai dengan ruang tamu minimalis anda. Perhatikan soal ukuran karpet dengan baik, jangan sampai pada saat dipasang ukurannya terlalu kecil atau terlalu besar. Sesuaikan dengan ukuran ruang tamu atau model sofa ruang tamu minimalis anda.

Tidak hanya ukuran, memilih warna yang tepat juga sangat perlu untuk diperhatikan. Kesalahan dalam memilih bentuk dan ukuran akan membuat ruang tamu terasa lebih sempit, atau justru mengurangi keindahan ruangan. Bahkan dapat membuat ruangan terasa tidak nyaman.

ukuran karpet ruang tamu


5. Pilih bentuk yang sesuai dengan ruang tamu

Ada berbagai bentuk karpet saat ini, mulai dari persegi atau kotak, persegi panjang, bulat, ukuran tak beraturan, dan bentuk lainnya. Pilih bentuk yang sesuai dengan desain ruang tamu minimalis anda. Pada umumnya sering menggunakan karpet bentuk kotak atau persegi dan persegi panjang.

Untuk membuat suasana tampak baru atau terlihat lebih unik, anda dapat memilih model karpet ruang tamu minimalis anda dengan bentuk bulat misalnya. Namun tetap sesuaikan dengan desain ruang tamu minimalis anda beserta model sofa yang anda miliki.

karpet ruang tamu bulat


6. Pilih warna hitam untuk ruang tamu nampak elegan

Tips memilih model karpet ruang tamu berikutnya adalah memilih karpet dengan warna hitam. Karpet warna hitam akan membuat ruangan terlihat elegan yang dipadukan dengan sofa atau cat ruang tamu minimalis yang warna terang. Seperti putih, abu, krem, dan warna pastel natural lainnya. Karpet warna hitam ini sangat cocok untuk ruang tamu minimalis anda.

karpet ruang tamu warna hitam


7. Pilih bahan karpet yang mudah dibersihkan

Tips memilih karpet ruang tamu minimalis lainnya adalah memperhatikan bahan karpet. Jika memilih warna karpet yang terang pastinya akan mudah  kotor. Maka dari itu pilih bahan karpet yang mudah dibersihkan seperti bahan sintetis. Biasanya memiliki desain yang beraneka macam meskipun warnanya monokrom ataupun bermotif.

8. Pilih desain estetik minimalis

Tips model karpet untuk ruang tamu dengan desain minimalis berikutnya adalah dengan memilih desain karpet yang estetik namun tetap minimalis. Biasanya karpet model ini memiliki abstrak yang terkonsep dan desain yang unik. 

Pilih warna yang sesuai dengan ruang tamu, tidak begitu banyak warna alias minimalis, sehingga membuat kesan desain ruang tamu minimalis anda semakin terasa.

karpet ruang tamu desain estetik

 

9. Pilih karpet garis untuk suasana baru

Model karpet garis sangat cocok diaplikasikan pada berbagai desain ruang tamu apapun, termasuk ruang tamu minimalis. Pilih karpet garis yang warnanya tetap netral dan sesuai dengan desain ruang tamu anda. 

Pastikan warna karpet garis anda juga tetap senada dengan berbagai perlengkapan di ruang tamu anda. Pilih ukuran karpet dengan motif garis yang lebih kecil agar ruangan tetap terlihat dan terasa luas.

karpet ruang tamu motif garis


10. Pilih karpet berkualitas tinggi

Tips memilih model karpet ruang tamu minimalis selanjutnya adalah pilih karpet yang memiliki kualitas tinggi. Karpet dengan kualitas tinggi akan membuat umur karpet lebih lama, awet atau tidak mudah rusak, juga mudah dibersihkan. 

Terutama bagi anda yang memilih karpet dengan model bulu. Agar tidak cepat rusak atau bulunya lepas, pastikan karpet model bulu ini memiliki kualitas terjamin.

Itu dia beberapa cara atau tips memilih model karpet ruang tamu minimalis. Pastikan model, bentuk, ukuran, warna, dan lainnya sesuai dengan desain ruang tamu minimalis anda, sehingga kombinasi semuanya akan membuat ruang tamu anda semakin cantik dan estetik. Tentunya membuat ruang tamu minimalis anda juga akan semakin terasa minimalisnya.

Referensi:

https://www.canva.com/
https://www.pinhome.id/blog/karpet-lantai-ruang-tamu/#2-karpet-lantai-warna-hitam-yang-elegan
https://informa.co.id/inspirations/karpet-unik-informa
https://impianrumahku.com/model-karpet-ruang-tamu/

0 Coment

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.