7 CARA MENGHILANGKAN KETOMBE DENGAN BAHAN ALAMI

7 Cara Menghilangkan Ketombe. Serpihan putih yang menempel pada kulit kepala membuat kulit kepala menjadi kurang nyaman. Yap, ketombe yang menyebar ke seluruh kulit kepala bahkan muncul di tiap helai rambut membuat kita tidak percaya diri. Selian itu ketombe ini mengindikasikan bahwa kulit kepala kita bermasalah atau kurang sehat. Apalagi jika sampai harus berjatuhan pada pakaian yang kita kenakan. Pastinya ini membuat kita merasa kurang nyaman. Lalu bagaimana cara mengatasi atau cara menghilangkan ketombe tanpa harus merusak rambut? Let's check it out.

cara menghilangkan ketombe


7 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Alami

1. Pakai shampoo yang mengandung Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah bahan alami yang dianggap sangat efektif sebagai cara menghilangkan ketombe yang membandel pada kulit kepala. Tea tree oil memiliki kandungan bahan anti bakteri dan anti inflamasi yang sangat baik untuk membantu mengatasi ketombe dan dermatitits yang terjadi pada kulit kepala.

Anda tidak perlu repot mencari tea tree oil , anda cukup membeli produk shampoo atau conditioner yang mengandung tea tree oil. Anda dapat menemukan shampoo dengan kandungan bahan ini pada shampoo TRESemmé Scalp Care. Shampoo yang sangat populer ini dapat dibeli dimana saja dan kapan saja. Shampoo ini mengandung ZPTO dan tea tree oil yang sangat bagus untuk merawat kulit kepala yang berketombe. Selain itu shampoo ini juga dapat membantu mencegah rambut dari kerontokan.

2. Gunakan Jeruk Nipis atau Air Lemon

Jeruk nipis atau lemon juga dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang dapat membantu mengurangi ketombe pada kulit kepala. Jeruk nipis dipercaya mengandung banyak vitamin dan mineral seperti Vitamin B1, B2, B3, B4, C, kalsium, fosfor. Kedua kandungan bahan ini akan membantu menutrisi rambut termasuk dapat mencegah atau mengobati ketombe yang membandel.

Caranya siapkan air perasan jeruk nipis dan campur dengan sedikit air. Lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata. Biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas sampai bersih.

3. Menggunakan Cuka Apel

Larutan cuka apel memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe. Anda dapat menemukan cuka apel di beberapa toko swalayan. Menurut penelitian, pH asam pada cuka apel dipercaya dapat membantu menghilangkan jamur penyebab ketombe secara efektif.

cara menghilangkan ketombe dengan cuka apel


Lalu bagaimana cara menggunakan apel cuka sebagai penghilang ketombe? Sangat mudah. Anda cukup mencampurnya dengan air lalu semprotkan ke rambut dan kulit kepala anda. Diamkan selama bebera menit dan bilas sampai bersih.

4. Mengoleskan Lidah Buaya

Lidah buaya sejak dahulu sudah terkenal memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi rambut. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk mengatasi kulit kepala yang bermasalah termasuk karena ketombe. Kandungan bahan enzim proteolitik pada lidah buaya akan membantu merangsang pertumbuhan alami sambut serta membantu memperkuat dan dapat membantu mengurangi keronokan pada rambut.

Lidah buaya juga dapat membantu membunuh jamur dan juga mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan ketombe muncul. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal, misalnya seminggu dua kali. 

cara menghilangkan ketombe lidah buaya

5. Manfaatkan Minyak Kemiri

Siapa yang tak mengenal khasiat minyak kemiri. Minyak kemiri memiliki banyak khasiat bagi rambut. Tidak hanya menyuburkan dan juga merangsang pertumbuhan rambut, tetapi juga dapat membantu mengurangi ketombe pada kulit kepala. Penggunaannya juga sangat mudah. Yaitu cukup mengoleskannya pada kulit kepala lalu memijatnya beberapa waktu. Biarkan sekitar 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih dan gunakan shampoo setelahnya.

6. Masker rambut dan kulit kepala dengan Pisang

Selain enak dimakan, pisang juga ternyata mempunyai khasiat luar biasa bagi kulit kepala. Yaitu untuk mengurangi ketombe pada kulit kepala. Cara menggunakannya juga sangat mudah. Cukup haluskan atau hancurkan atau blender pisang sesuai dengan ukuran rambut. Lalu oleskan pada bagian rambut dan kulit kepala. Bungkus dengan handuk atau shower cap selama beberapa menit. Lalu bilas dengan air hangat dan keringkan. Pastikan tidak ada sisa-sisa pisang pada rambut karena akan membuat rambut menjadi lepek.

7. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih dikenal mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, termasuk bagi kulit kepala yaitu sebagai penghilang ketombe. Untuk mengurangi aromanya agar tidak terlalu menyengat saat dioleskan pada kulit kepala, anda dapat menambahkan bubuk jahe atau madu setelah dihaluskan. 

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan bawang putih tersebut ke kulit kepala yang mengandung ketombe. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air smapi bersih dan baunya hilang.

Itu dia 7 cara menghilangkan ketombe secara alami yang bisa anda lakukan di rumah. Selain bahan alami di atas, anda juga wajib rajin mengkonsumsi makanan sehat yang dapat membantu menutrisi rambut. Serta rutin lakukan perawatan agar kulit kepala tetap sehat dan kuat. Anda mempunyai tups atau cara menghilangkan ketombe lainnya? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar.

8 Coment

  1. Baru tahu bawang putih pun bisa untuk mengatasi ketombe. Kalau lidah buaya orang zaman dulu pun sering menggunakannya, terutama untuk menebalkan rambut dan agar warna hitam mengkilap. Thx tipsnya

    BalasHapus
  2. Nggak enak banget rasanya ada kotembe tuh, kepala jadi gatal. Apalagi aku kalau nggak cocok sama sampo langsung aja ketombean besar-besar banget. Hooo baru tahu kalau lidah buaya bisa menghilangkan ketombe, bamyak pohonnya di rumah. Aku cobain ahh kalau ketombean lagi, siapa tahu work diaku.

    BalasHapus
  3. Aku pakai lidah buaya buat mengatasi masalah ketombe. Dan ini emang ampuh untuk mengurangi ketombe di kepala. Tetapi ya harus rutin dan rajin bersihin pasca pakai lidah buaya,

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu setelah baca ini ternyata pisang juga bisa membantu menghilangkan ketombe. Wah makasii banyak info dan tipsnya kak

    BalasHapus
  5. Bisa nih dicoba caranya, Apalagi pakai bahan alami. Tresemme ini juga ada yang pakai tree tea oil ya, tresemme ini bisa aman untuk kulit kepala kering nggak kak? ❤️❤️

    BalasHapus
  6. Saya jadi ingat saat masih musa suka banget menggunakan bahan alami dari dapur untuk menghilangkan ketombe. Jeruk nipis favorit saya.

    BalasHapus
  7. Dari bahan-bahan alami yang disebutkan di atas, saya baru mencoba lidah buaya saja. Kebetulan ada tanamannya di pekarangan rumah. Jadi, tinggal petik saja. Memang rambut jadi terasa lebih halus. Namun, penggunaannya sesekali saja, sehinggal hasilnya belum tampak optimal.

    BalasHapus
  8. Waah, mba makasi tips-nya. Cara alami yang pastinya kandungan original bahannya bagus untuk kulit kepala dan rambut.
    Untuk jangka panjangnya juga pastinya bikin rambut sehat dan kuat.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.