128 TAHUN BRI MENGABDI UNTUK NEGERI

BRI yang bergerak dalam bidang perbankan ini merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kiprah BRI di dunia perbankan sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, BRI menjadi bank tertua di Indonesia. Kehadirannya sudah melayani masyarakat sampai ke berbagai pelosok Indonesia sejak tahun 1895. Pengalaman, prestasi, dan inovasi seperti digitalisasi BRI membawanya menjadi sebuah bank yang tumbuh hebat dan kuat untuk negeri Indonesia.

BRI pahlawan UMKM


Perjalanan 128 Tahun BRI Mengabdi Untuk Negeri

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI mulai berdiri pada 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah. Tanggal tersebut juga ditetapkan sebagai hari lahirnya BRI. Sehingga saat ini usianya sudah mencapai 128 tahun.

Awalnya BRI dikenal dengan nama De Purwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Pegawai Pangreh Praja Berkebangsaan Pribumi atau dikenal juga dengan Bank Priayi.

Perintis sekaligus pendiri bank pemerintah ini adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja, yaitu seorang Patih Purwokerto pada saat itu. Awalnya beliau adalah seorang juru tulis Belanda dan kemudian beralih menjadi Mantri Polisi di Bawang.

Sejak Februari 1946, pemerintah Indonesia menetapkan BRI sebagai bank pemerintah dan diberi nama Bank Rakyat Indonesia (BRI). BRI sempat terhenti kegiatan operasionalnya pada tahun 1948. BRI kembali beroperasi dengan mengibarkan nama barunya yaitu Bank Rakyat Indonesia Serikat setelah ditandantanginya Perjanjian Renville.

Pada tahun 1960 BRI dilebur dengan Bank Koperasi, Tani, Nelayan (BKTN). Tahun 1965, BKTN digabung dengan Bank Indonesia dan terintegrasi dengan Bank Indonesia Urusan Koperasi, Tani, dan Nelayan. Kemudian nama Bank Indonesia diubah menjadi Bank Negara Indonesia.

Sejarah baru ditulis kembali oleh BRI pada 1 Agustus 1992, BRI berubah menjadi perseroan terbatas, dimana 100% saham BRI adalah milik pemerintah Indonesia. Perubahan ini tertera dalam Undang-undang Perbankan No. 7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI No. 21 tahun 1992.

Kemudian pada tahun 2003, pemerintah Indonesia memutuskan untuk menjual 30% saham BRI hingga bank ini menjadi perusahaan publik dan resmi diberi nama PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Dan nama tersebut digunakan sampai detik ini.

Dengan memiliki Visi "The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion" dan Misi "Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada segmen mikro, kecil, dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat", BRI berkomiten untuk memberikan layanan terbaiknya bagi masyarakat Indonesia. Dari segmen mikro, kelas kecil, dan menengah. Hal ini membuat para UMKM di berbagai sektor memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendanaan dari BRI.

Salah satu upaya untuk menerapkan Visi dan Misi agar tercapai, BRI melakukan berbagai inovasi untuk memberikan pelayanan terbaiknya bagi seluruh masyarakat Indonesia di berbagai wilayah. Salah satunya adalah inovasi terkait dengan digitalisasi. Digitalisasi BRI dilakukan di berbagai lini di semua wilayah.

Inovasi digitalisasi BRI ini dilakukan salah satunya untuk mempermudah seluruh nasabahnya dalam proses transaksi, sehingga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Digitalisasi BRI ini dapat dinikmati oleh semua masyarakat Indonesia termasuk para pelaku UMKM.

Kemudahan ini membuat para pelaku UMKM lebih mudah dalam proses transaksi bisnisnya. Sehingga bisnis para pelaku UMK semakin tumbuh berkembang. Sebagai Pahlawan UMKM, BRI terus berinovasi dan memberikan layanan terbaiknya bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Perjalanan panjangnya mengabdi untuk negeri dilewati dengan berbagai tantangan dan rintangan oleh BRI. Mengingat masa itu adalah masa penjajahan Belanda. Keteguhan dan kekuatan BRI membuatnya mampu bertahan sampai hari ini.

BRI Pahlawan UMKM Masyarakat Indonesia

Beberapa program yang disusun oleh BRI memberikan angin segara bagi para pelaku UMKM. Terdapat banyak produk BRI yang memang dikhususkan untuk para pelaku UMKM di Indonesia. Salah satunya adalah pinjaman yaitu Micro, Tabungan Kecil dan Menengah, serta Pinjaman Program.

bri pahlawan umkm


Program Pinjaman ini ada berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan para pelaku UMKM. Untuk yang kategori Micro terdapat KUR dan Kupedes. Sementara untuk  retail Menengah ada Kredit Modal Kerja dan Kredit Investasi. Dan terakhir untuk Pinjama Program ada Kredit Pangan, Resi Gudang, dan juga Kredit Kemitraan.

Seluruh program disediakan oleh BRI untuk membantu dan mendukung modal para pelaku bisnis UMKM agar tumbuh dan berkembang. Dengan segala kemudahannya, pihak BRI akan membantu para pelaku bisnis UMKM ini dengan berbagai jenis usaha, seperti jasa keuangan, pertanian, kesehatan, perdagangan, industri pengolahan, dan juga usaha terkait dengan kesenian atau hiburan. Banyaknya program untuk para UMKM sehingga sebutan BRI sebagai pahlawan UMKM sangat layak.

Berbagai program dan kehadiran BRI untuk Indonesia ini diharapkan akan mendorong para pelaku UMKM Indonesia tumbuh dan berkembang. Sehingga perekonomian Indonesia akan terus bertumbuh di berbagai sektor.

BRI Tumbuh Hebat dan Kuat Untuk Indonesia

Menjelang usianya ke 128 tahun, BRI memberikan layanan terbaiknya, BRI terus berinovasi salah satunya dengan digitalisasi BRI yang saat ini sudah dapat diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Tentu saja hal ini mendorong para pelaku UMKM semakin tumbuh dan berkembang. Berkembangnya para pelaku UMKM ini menjadi simbiosis mutualisme bagi kedua belah pihak baik pelaku UMKM maupun BRI. 

Salah satu inovasi digitalisasi BRI yang mempermudah semua nasabahanya adalah adanya aplikasi BRImo yang dapat diakses dimana saja, kapans aja, dan oleh siapa saja. Aplikasi BRImo hadir dengan berbagai fitur lengkap untuk melakukan semua transaksi.  

digitalisasi bri
Sumber: https://www.instagram.com/bankbri_id/


Aplikasi BRImo membuat semua nasabahnya sangat terbantu dalam berbagai proses transaksi keuangan. Mulai dari pembelian pulsa, pembelian tiket, transfer antar bank, pengisian e-wallet, dan lainnya. Fitur-fitur canggih ini mempermudah nasabahanya di seluruh pelosok Indonesia termasuk para pelaku UMKM.

Dengan digitalisasi BRI, BRI hadir sebagai Pahlawan UMKM masyarakat Indonesia. Mari kita dukung BRI untuk Indonesia semakin hebat dan kuat.

0 Coment

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.