CARA MENGEMBANGKAN HAL KECIL MENJADI BESAR

Dalam hidup kita akan selalu berprogress dalam mencapai sesuatu. Tidak ada yang instan, semuanya dimulai dari hal kecil kemudian berkembang menjadi hal besar. Berhasil atau tidaknya hal kecil yang sudah kita mulai, tergantung bagaimana usaha kita untuk membuat hal kecil tersebut menjadi hal besar.

Lalu upaya apa yang bisa kita lakukan agar hal kecil yang sudah kita lakukan, dapat berprogres atau berkembang menjadi hal besar? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan mulai dari hal kecil sampai dengan hal besar juga usahanya. Apa saja? Let's check it out.

cara mengembangkan progress kecil


Cara Mengembangkan Hal Kecil Menjadi Besar

1. Tentukan tujuan

Langkah pertama untuk membuat semua hal yang sudah kamu lakukan menjadi hal besar adalah dengan menentukan tujuan yang ingin kamu capai. Dengan mempunyai tujuan yang jelas, maka apa yang akan kamu lakukan untuk membuatnya menjadi hal besar menjadi lebih jelas dan terarah.

2. Susun strategi

Setelah kamu mengetahui tujuan yang ingin kamu capai, maka kamu akan lebih jelas bagaimana cara untuk melakukan dan mencapainya. Sehingga kamu dapat menyusun berbagai strategi untuk mencapai tujuan kamu. Sehinggal hal kecil yang sudah kamu lakukan akan menjadi hal besar.

3. Tetapkan skala kuadran

Dari semua strategi yang sudah kamu susun, untuk membuat dan mengembangkan hal kecil yang sudah kamu rencanakan menjadi hal besar, pastinya ada yang penting dan genting untuk dilakukan terlebih dahulu. Maka tetapkan skala kuadran alias mana yang lebih penting dan genting untuk dilakukan agar hal kecil yang sudah kamu susun dapat tercapai menjadi hal besar.

4. Motivasi diri

Motivasi diri sangat penting untuk membuat hal kecil kamu menjadi hal besar. Selalu motivasi diri dengan mimpi-mimpi indah yang ingin kamu raih di masa yang akan datang. Dengan terus memotivasi diri maka kamu akan terus semangat untuk melakukan semua aktifitas yang sudah kamu rencanakan agar mimpi kecil kamu menjadi hal besar. Lihat kembali tujuan yang ingin kamu capai. Hal ini akan membuat motivasi kamu semakin terbakar untuk mencapai hal kecil menjadi hal besar.

5. Evaluasi secara berkala

Melakukan evaluasi dari tujuan dan strategi yang sudah kamu susun merupakan hal yang sangat penting. Ingat konsep ilmu manajemen ada istilah Plan Do Check Action atau PDCA. Setelah tujuan jelas, strategi yang sudha disusun dijalankan, langkah penting berikutnya adalah melakukan check atau evaluasi. Apakah strategi yang sudah disusun sudah dilakukan sesuai dengan planning dan searah dengan tujuan atau belum. Hasil evaluasi ini akan menentukan strategi berikutnya.

6. Komitmen

Komitmen menjadi hal yang sangat penting untuk kamu lakukan, karena sebaik apapun planning kamu, namun jika komitmen kamu nol dalam melakukan straregi-strategi yang sudah kamu susun, maka kamu tidak akan bisa mengembangkan hal kecil menjadi besar.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan bagaimana cara mengembangkan hal kecil menjadi besar. Dengan menyusun berbagai rencana dan strategi maka cara mengembangkan hal kecil menjadi besar akan sangat mudah tercapai. 

0 Coment

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.