15 CARA BERBAKTI KEPADA ORANG TUA YANG TELAH TIADA

Berkat orang tua maka kita lahir ke dunia ini. Kita dapat meraih semua kesuksesan dalam hidup kita adalah berkat orang tua. Meskipun jalan hidup setiap orang berbeda-beda. Ada yang mendapatkan limpahan kasih sayang dari kedua orang tuanya, atau sebaliknya. Namun biar pun demikian, kita sebagai anak tetap harus berbakti kepada orang tua baik masih hidup atau pun ketika sudah tiada.

cara berbakti kepada orang tua


Lakukan bakti kita kepada orang tua sesuai dengan kepercayaan yang kita anut. Sebagai muslim, tentu saja saya mempunyai cara tersendiri untuk berbakti kepada orang tua sesuai dengan aturan agama saya, baik ketika masih ada maupun ketika sudah tiada. Lalu bagaimana cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal?

Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Lalu bagaimana kita menunjukan bakti kita kepada orang tua ketika mereka sudah tiada? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukan kasih sayang dan bakti kita kepada orang tua yang sudah tiada. Ini dia beberapa cara berbakti dan bentuk kasih sayang yang bisa kita lakukan untuk orang tua yang sudah tiada versi saya.

1. Mendoakan

Mendoakan adalah cara paling mudah untuk kita lakukan sebagai bentuk kasih sayang dan cara berbakti kepada orang tua yang telah tiada. Jika anda seorang muslim, anda dapat mendoakan orang tua kita agar dilapangkan dan diterangkan di alam kuburnya. Mendoakan orang tua agar meninggalnya husnul khotimah. Anda dapat mendoakan orang tua setelah melakukan ibadah atau kapan pun anda bisa.

2. Memohonkan ampunan 

Memohonkan ampunan kepada sang pencipta menjadi salah satu cara kita mencintai dan menyayangi orang tua yang sudah tiada. Setiap selesai ibadah atau kapan pun anda bisa, anda dapat berdoa dan memohonkan ampunan atas segala kesalahan-kesalahanya selama di dunia agar dibukakakn pintu maaf oleh Allah SWT.

3. Bershodaqoh atas nama orang tua

Melakukan shodaqoh atas nama orang tua kepada orang-orang yang membutuhkan menjadi salah satu cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Niatkan amal sedekah jariyah yang pahalanya dapat mengalir terus kepada orang tua kita.

shodaqoh atas nama orang tua


Pahalanya akan mengalir untuk kedua orang tua kita dan menjadi sebagai penerang mereka di alam kubur. Shodaqoh ini juga termasuk memberikan waqaf yang pahalanya akan mengalir terus untuk orang tua, selama waqafnya digunakan terus untuk amal ibadah. Misalkan mewaqafkan tanah untuk masjid, sekolah, yayasan anak yatim piatu, dan lainnya, termasuk waqaf berupa Mushaf Al-Quran.

4. Melunasi hutang-hutangnya

Setelah orang tua meninggal, carilah informasi kepada sanak saudara atau sahabat-sahabatnya, memastikan apakah orang tua kita mempunyai sangkut paut utang atau tidak. Jika iya maka segera lunasi hutangnya agar tidak membebankannya. Tentu saja ini juga menjadi salah satu cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal.

5. Menunaikan ibadah Haji atas nama orang tua

Menghajikan orang tua yang sudah tiada menjadi salah satu bentuk kasih sayang kita kepada orang tua yang sudah tiada. Namun dengan syarat bahwa kita sudah melakukan haji terlebih dahulu. Atau anda meminta membadalkan haji untuk orang tua anda kepada orang yang sudah berhaji.

6. Qurban atas nama orang tua

Memberikan rezeki qurban saat hari raya Haji dan diatasnamakan orangtua anda menjadi salah satu bentuk bakti kita kepada orang tua yang sudah tiada. Jika anda memiliki rezeki lebih lakukan secara rutin setiap tahunnya. Jika tidak, lakukan ketika anda mampu.

7. Menunaikan wasiatnya

Bentuk bakti dan kasih sayang lainnya kepada orang tua yang sudah tiada adalah dengan menunaikan semua wasiatnya. Baik wasiat yang tersurat maupun yang tersirat. Lakukan wasiatnya sesegera mungkin ketika orang tua sudah tiada.

8. Meneruskan kebaikan yang orang tua lakukan

Jika orang tua kita yang sudah tiada memiliki kebiasaan baik yang rutin dilakukan, misalnya selalu memberi makan anak yatim setiap hari Jumat. Atau selalu bersedekah kepada anak yatim secara rutin di waktu tertentu, maka lanjutkan kebaikan ini selagi kita mampu. Maka pahalanya akan terus mengalir untuk orang tua kita.

9. Menyambung silaturhami dengan keluarga orang tua

Bentuk kasih sayang dan bakti lainnya kepada orang tua yang sudah tiada adalah dengan menyambung silaturahmi dengan sanak saudara dari orang tua kita. Setidaknya anda dapat lakukan setahun sekali saat hari raya besar lebaran, saat keluarga mereka mengadakan acara dan mengundang kita.

menyambung silaturahmi


Atau menjenguk mereka ketika mengalami musibah, dan lainnya. Ini juga merupakan bentuk silaturahmi, atau bahkan hanya sekedar bertanya kabar melalui telepon.

10. Mengurus pemakanannya dengan baik

Ketika orang tua meninggal mengurus pemakamannya dengan baik dan layak sesuai dengan syariat agama yang kita anut, menjadi salah satu bakti kita kepada orang tua ketika mereka sudah tiada.

11. Membaca Al-quran

Membaca Al-quran secara rutin setiap hari dan dikhususkan kepada orang tua, menjadi salah satu cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Insyaallah pahalanya akan mengalir untuk orang tua kita dan menjadi penerang di alam kuburnya. 

Membaca Al-quran ini bisa anda lakukan sendirian atau melakukan bersama-sama dengan orang lain dan sekalian menjalin silaturahmi bersama lingkungan sekitar dan niatkan pahalanya untuk orang tua.

12. Membicarakan dan mengenang kebaikannya

Setiap manusia mempunyai kebaikan dan keburukan, termasuk orang tua kita. Membicarakan kebaikan orang tua bukan keburukannya adalah salah satu bentuk atau cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. 

Kenang semua kebaikan dalam memori kita sehingga akan membuat kita semakin menyayangi mereka dan doa-doa baik maka akan muncul dari hati dan pikiran kita. Atau bahkan kita dapat menceritakan semua kebaikan orang tua kita kepada anak-anak kita kelak.

13. Perbanyak ibadah di bulan Ramadhan, niatkan pahalanya untuk orang tua

Memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan yang pahalanya berlipat ganda dapat anda lakukan dan niatkan pahalanya untuk orang tua kita. Entah itu mengaji, bershodaqoh, atau amal ibadah lainnya.

14. Menjaga nama baik orang tua

Selalu menjaga nama baik orang tua kita dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak nama baik orang tua yang sudah tiada, menjadi salah satu cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Mulai dari cara berpakaian, bersikap, atau pun bertindak.

15. Berziarah

Mengunjungi makam atau berziarah secara rutin ke tempat peristirahatan terakhir orang tua menjadi salah satu bentuk berbakti kita kepada orang tua dan menjadi bentuk kasih sayang kita kepada orang tua yang sudah tiada. 

Jika dekat lokasinya anda dapat mengunjunginya setiap minggu di tiap hari Jumat. Atau sebulan sekali atau jika memang lokasinya jauh dan memungkinkan, ziarahlah pada hari raya lebaran. Setidaknya setahun sekali.

Itu dia beberapa cara berbakti kepada orang tua yang sudah tiada yang bisa kita lakukan. Banyak juga bukan? Dari beberapa poin di atas, lakukan yang bisa anda lakukan dan mampu untuk dilakukan. Mari kita menjadi anak yang berbakti kepada orang tua meskipun orang tua kita sudah tiada. 

Anda mempunyai cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal lainnya? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar ya.

Referensi:

https://www.ucareindonesia.org/cara-berbakti-pada-orangtua-yang-meninggal/
https://webnew.smpnegeri1kandis.sch.id/read/55/7-cara-berbakti-kepada-orangtua-yang-telah-wafat

10 Coment

  1. Banyak banget cara berbakti sama orang tua, sekadar ngomong dengan nada bicara yang halus dan santun pun ortu udah seneng yaa. Masya Allah, semoga kita jadi anak-anak yang berbakti teruuusss sama kedua orang tua.

    BalasHapus
  2. Betuuuul, dan lagi setelah ortu meninggal, cuma doa anak yg Sholeh yg bisa sampai ke mereka. Jadi ya satu2nya cara memang banyak mendoakan mereka even di saat mereka udh meninggal. Itu sih yg hrsnya diajarin dulu ke anak2 sedari mereka kecil.

    BalasHapus
  3. semoga selalu bisa berbakti, tidak mengecewakan dan memberatkan orang tua adalah impian setiap anak..meskiun beliau sudah tiada namun kita masih terus bisa berbakti dengan atas namanya

    BalasHapus
  4. Meneruskan kebaikannya memang wajib ya.

    BalasHapus
  5. Walau orang tua udh tiada tetapi tetap bisa kirim doa, sedekah dan wakaf atas nama mereka, dan badal haji/umroh ya.

    BalasHapus
  6. 15 Cara berbakti pada orangtua yang sudah tiada sangat bermanfaat dan details banget. Terima kasih sudah mengingatkan. Semoga dapat kita jalankan dengan maksimal ya.

    BalasHapus
  7. Berbakti pada orang tua setelah meninggal juga sebetulnya kita sedang menyambungkan tali silaturahmi pada orang tua, insya Allah bertemu kembali dalam keadaan selamat dan bahagia...

    BalasHapus
  8. kalau melihat berita anak mengusir orangtuanya, jadi sedihh, bahkan berita terakhir yang aku lihat anak angkat mengusir orangtuanya. Tega banget kalau ini
    Mendoakan orang tua yang sering aku lakukan, yang pasti sebagai anak, kita ingin juga orang tua bahagia ataupun diampuni dosa-dosanya

    BalasHapus
  9. Maa syaa Allah. Walau orang tua sudah tiada kita masih berbakti ya, dan yah salah satu amalan yang tidak terputus meskipun telah meninggal adalah doa dari anak yang shalih . Jadi ingat pesan almarhumah mertuaku juga, jangan putus silaturahmi.

    BalasHapus
  10. MashaAllah~
    memang sebaik-baik amal adalah mendidik anak-anak menjadi anak sholi sholiha sehingga ketika sudah tiada, amalan kedua orangtuanya tetap mengalir. Semoga Allah berkenan menerima dan melapangkan kubur orangtua yang tlah tiada.

    Allahumma firlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.