AKSI TANAM POHON UNTUK KELESTARIAN HUTAN INDONESIA

Hutan Indonesia yang menyandang sebagai paru-paru dunia mempunyai peranan penting dalam membantu mengurangi polusi udara di dunia. Selain itu dilansir dari Forest Watch Indonesia (FWI) ternyata hutan Indonesia adalah hutan terluas ketiga di dunia setelah Kongo dan Brazil. Lain halnya dengan Rain Forest Mongabay, menyatakan bahwa hutan Kalimantan di Indonesia adalah hutan terluas ketiga menyusul hutan Amazon dan hutan Equator. Wah sangat membanggakan ya.

aksi tanam pohon


FAKTA UNIK TENTANG HUTAN INDONESIA

Setelah mengetahui begitu pentingnya hutan Indonesia, pastinya jadi penasaran kan, apa saja sih fakta unik tentang hutan Indonesia?

1. Habibat binatang endemik

Hutan Indonesia menjadi tempat hidupnya binatang endemik seperti Komodo, Badak Sumatera, Monyet Hitam Sulawesi, Burung Maleo, Burung Cenderawasih, Orang Utan (Pongo), Harimau Sumatera, Jalak Bali, Gajah Kalimantan, dan beberapa endemik lainnya.

2. Hutan Indonesia masuk dalam Warisan Dunia UNESCO

Dalam sidang ke-18 Komite Warisan Dunia yang diselenggarakan di Suzhuo, China, tepatnya pada Juli 2004, hutan tropis Sumatera diresmikan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO yang telah berjasa melindungi 10.000 jenis tanaman dan 17 diantaranya adalah endemis.

3. Hutan palem terbesar di dunia

Hutan Indonesia juga menjadi hutan palem terbesar di dunia yaitu meilimiki memiliki 400 lebih jenis kayu dipterocarp. Jenis kayu ini adalah komersial terbesar di Asia Tenggara.

4. Tempat menyimpan cadangan air besar

Hutan di dunia menjadi tempat penyimpanan cadangan air. Dan  karena negara Indonesia mempunyai hutan yang sangat luas tentunya, penyimpanan cadangan air juga sangat banyak yang tersimpan.

5. Menjadi Rumah tumbuhan terbesar di dunia

Hutan Hujan Sumatera yang terletak di Indonesia menyimpan tumbuhan terbesar di dunia yaitu bunga langka raflesia Arnoldi. Dimana ukurannya mencapai 1 meter saat sedang mekar. Selain bunga ini, di hutan Sumatera ini tersedia juga bunga tertinggi yaitu Amorphophallus titanum dan juga flora Kantong Semar.

6. Sumber obat penting

Hutan Indonesia juga menjadi tempat pusat atau sumber obat-obatan penting yang dibutuhkan oleh dunia kesehatan di dunia. Sebesar 25% obat-obatan di dunia dari hutan hujan, termasuk Indonesia.

7. Kawasan Ekowisata

Hutan Indonesia yang kaya akan keragaman hayati, telah membuatnya menjadi pusat edukasi yang sangat menarik. Sehingga saat ini beberapa hutan Indonesia dibuka sebagai tempat wisata edukasi atau berbasis ekowisata.

Bangga sekali pastinya dengan semua kelebihan yang dimiliki oleh hutan Indonesia ini. Dan salah satu usaha pemerintah dalam menjaga kelestarian hutan ini, pemerintah banyak mencanangkan program-program kepedulian lingkungan. Salah satunya adalah program tanam pohon yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia atau BSI yang merupakan bank umum milik negara.

Bank Syariah Indonesia merupakan bank milik pemerintah gabungan dari beberapa bank syariah milik negara yaitu Bank Syariah Mandiri, Bank Syariah BNI, dan Bank Syariah BRI. Setelah diresmikan sebagai BSI pada Februari 2021, BSI menyusun berbagai program CSR terkait dengan ekonomi, sosial, dan juga lingkungan.

Salah satu program atau campaign lingkungan yang dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia adalah program tanam pohon di Katulampa, Bogor. Sebanyak 1000 pohon buah produktif ditanam pada acara ini. Dengan harapan, adanya penanaman pohon ini dapat berfungsi sebagai resapan air sehingga dapat membantu mencegah bencana. Selain itu, ketika tumbuh nanti diharapkan memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat.

Program ini hasil kerjasama Bank Mandiri, BSI, Bank Mandiri Taspen, dan juga Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Semua pihak berkomitmen untuk mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka memperingati 2 Dekade Gerakan APU-PPT.

Semoga dengan banyaknya program-program peduli terhadap lingkungan oleh berbagai pihak termasuk Bank Syariah Indonesia ini, dapat membantu memulihkan kembali hutan Indonesia yang hampir rusak, dan bumi kembali pulih dan sehat.

#1001CeritaMembangunIndonesia #TumbuhSeimbangBerkelanjutan 
#KompetisiLiterasi #BankSyariahIndonesia

10 Coment

  1. gak nyangka ternyata hutan indonesia sebesar ini masuk dalam 3 hutan terbesar di dunia dengan berbagai manfaatnya...semoga indonesia bisa terus mempertahankan dan menjaga hutan yang dimiliki

    BalasHapus
  2. Hutan di Indonesia bukan sekadar hutan tapi juga rumah bagi banyak makhluk hidup ya. Semoga makin banyak orang yg peduli dan melestarikan hutan.

    BalasHapus
  3. Amiin.. Aku pun sangat mendukung sekali nih dgn adanya program ini Khan demi kebaikan bersama

    BalasHapus
  4. Seneng banget karena di masa sekarang itu yang peduli lingkungan semakin banyak, aksi yang dilakukan juga semakin beragam, apalagi di dukung instansi besar ya... alhamdulillah jadi lebih mudah dicapai...

    BalasHapus
  5. Aku pengen deh ,suatu saat nanti alam indonesia tuh bisa setara macem di jepang dan korea. Bersih, terawat. Juga gak berkurang dari sisi luasnya. Selain banyak manfaatnya, juga menghindarkan kita dari marabahaya di masa mendatang.

    BalasHapus
  6. Wah baru tau ada program tanam pohon di Katulampa. Seneng deh klo semakin bnyk perusahaan yang ikut andil dalam pelestarian bumi

    BalasHapus
  7. Semoga makin banyak perusahaan dan lembaga yang mengikuti jejak program CSR BSI ini ya menanam banyak pohon, prihatin banget dengar kabar Bandung banjir karena hutannya gundul hiks

    BalasHapus
  8. Salut dengan instansi yang memikirkan lingkungan hingga ada program Tanam Pohon.
    Semoga pohon-pohonnya tumbuh subur, besar dan yang pasti bermanfaat untuk manusia. Bumi bisa kembali tersenyum dan penyerapan karbon di kota besar bisa terbantu dengan adanya hutan.

    BalasHapus
  9. Keren nih ada program atau aksi tanam pohon seperti ini. Kelihatan sederhana tapi dampaknya bagus untuk kelestarian alam

    BalasHapus
  10. Masya Allah, padahal Indonesia sudah diberikan hutan-hutan yang bermanfaat bagi alam dan makhluk hidupnya, tinggal bagaimana kita menjaga kelestarian hutan supaya nggak banyak disalahgunakan.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.