TERUS BERTUMBUH DAN FOKUS KEMBANGKAN DIRI SENDIRI

Sering kali kita berterima kasih kepada semua kebaikan orang lain. Namun sering kali kita lupa untuk berterima kasih kepada diri kita sendiri. Bahkan selalu fokus dan terpana dengan semua pencapaian orang lain. Tak ayal pula kita sering lupa kepada pencapaian diri sendiri. 

Padahal kita berada di posisi sekarang adalah berkat perjuangan diri kita sendiri yang paling berperan banyak. Lalu bagaimana cara agar kita terus bertumbuh tanpa membandingkan diri sendiri dan tidak terdistraksi dengan semua pencapaian orang lain.

love myself thank you me


Tips Untuk Terus Bertumbuh dan Fokus Kembangkan Diri Sendiri

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan agar terus berterima kasih kepada diri sendiri tanpa membandingkan dengan orang lain atau terdistraksi dengan pencapaian-pencapaian orang lain.

1. Fokus pada tujuan diri sendiri

Memang tidak mudah untuk fokus pada diri sendiri tanpa terdistraksi dengan pencapaian orang lain. Apalagi di era gempuran medial sosial di mana kita bisa menyaksikan semua pencapaian-pencapaian orang dengan mudah. Maka kuatkan diri tetap fokus pada tujuan diri sendiri tanpa terganggu dengan pencapaian orang lain.

2. Sadari bahwa titik mulai setiap orang berbeda-beda

Agar tidak terdistraksi dengan pencapaian orang lain, sadari bahwa setiap orang mempunyai titik mulai yang berbeda-beda dalam memulai hidupnya. Maka titik selesainya juga pasti akan berbeda-beda. Menikah di usia muda bukan berarti pemenangnya. Lulus kuliah lebih awal bukan berarti pemenangnya. Jadi mari fokus sama diri sendiri dan jangan pernah membandingkan pencapaian kita dengan orang lain.

3. Bangun self awareness

Membangun kesadaran akan kepedulian terhadap apa yang dimiliki atau potensi diri sendiri sangatlah penting. Sehingga kita menyadari apa potensi yang kita miliki. Dengan menyadari potensi yang kita miliki, maka kita mendorong kita lebih percaya diri akan kemampuan yang kita miliki. Sehingga tidak lagi membandingkan diri kita sendiri dengan orang lain. Bahkan menjadi pendorong untuk terus mengembangkan diri.

4. Terus belajar, belajar, dan belajar

Alih-alih membandingkan diri sendiri dengan pencapaian orang lain, lebih baik kita fokus untuk terus mengembangkan diri dengan belajar banyak hal. Proses ini akan membuat diri kita semakin berkembang dan memiliki banyak kemampuan dalam berbagai hal.

5. Jadikan pencapaian orang lain sebagai motivasi diri

Daripada membandingkan diri sendiri dan terdistraksi dengan pencapaian orang lain, better jadikan pencapaian orang lain sebagai motivasi diri sendiri untuk terus berkembang. Jadi yuk semangati diri sendiri untuk terus bertumbuh dan berkembang.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan agar terus bertumbuh dna berkembang dan agar tidak terdistraksi dengan pencapaian-pencapaian orang lain.

Referensi Gambar:

https://canva.com/

12 Coment

  1. Duluuuuu banget aku mungkin suka banding2in diri Ama orang lain. Tapi pas udah kerja, kayaknya jadi sadar kalo itu cuma buang2 waktu mba. Krn jadi habis menyesali kenapa kita ga bisa kayak orang itu.

    Dijadiin motivasi oke, tapi jangan sampe membandingkan.

    Kayak aku sendiri, idolanya mba trinity. Karena dia aku jadi pengen bungee jumping di Macau, cobain aneka rollercoaster ekstreme dll

    Tapi ga mau bandingin pencapaian dia dengan yg aku capai. Krn bakal envy parah yg bikin aku malah ga bergerak maju 😄

    BalasHapus
  2. Pas banget sama situasi ku saat ini. Lagi mudah merasa minder sama pencapaian diri sendiri yang terasa cukup stagnan dan cenderung stuck. Mungkin aku salah satu orang yang sedang terdistraksi sama pencapaian orang lain hiksss..
    Makasih tips nya, manfaat banget dan akan segera aku terapkan. Terutama buat self love dan menghargai pencapaian sekecil apapun yang terjadi saat ini 😇

    BalasHapus
  3. Benar banget, tiap orang punya timeline sendiri ya nggak usah membandingkan diri kita dengan orang lain, bikin stres.. cintailah dirimu sendiri setulusnya

    BalasHapus
  4. Setujuu, kesemua hal di atas jika diterapkan, membuat kita lebih bisa menghargai diri sendiri dan banyak bersyukur.

    BalasHapus
  5. Namanya mahluk sosial ya kak, pasti kadang manusiawi terpengaruh sama pencapaian orang. Kalo berdampak positif sih oke tapi kalo bikin kita down itu repot memang baiknya kita harus fokus sama diri sendiri

    BalasHapus
  6. setuju banget sama point pointnya mbak
    aku jadikan kesuksesan orang lain untuk memotivasi diriku, ada kalanya aku merasa kayak males-malesen, terus berkaca lagi sama case orang lain buat menuju puncak dan pastinya tanamkan ke diri sendiri kata-kata positif atau afirmasi positif biar terus fokus meraih apa yang sudah aku targetin

    BalasHapus
  7. Setujuu apalagi ama poin terakhir. Belajar bukan hanya di bangku sekolah dan kuliah. Tapi bisa juga dilakukan sekarang dan besok2. Belajar bisa dari buku, ikut kursus, dll.

    Mengenai rasa iri itu dulu pernah yaa, manusiawi banget. Apalagi kalo aku tahu ada yg dapat job padahal dia jarang update blog, DA dan PV dari hasil suntikan, follower IG juga hasil beli. Tapi yaa udahlah mending tutupo mata, yang penting aku gak kayak gitu.

    BalasHapus
  8. Sebagai manusia pastinya kita harus selalu berkembang menjadi versi yang lebih baik daripada diri sendiri,dan memang kadang kita butuh motivasi dari luar, contohnya dari kesuksesan orang lain. Jangan pernah rendah diri melihat kesuksesan orang yang lebih dibanding kita. karena setiap orang ceritanya berbeda dan punya kecepatan berlari yang berbeda pula.

    BalasHapus
  9. Boleh ketambahan satu ndak mbak hehe, bersyukur atas apa yang kita punya.
    Pengalaman saya, kadang klo kita suka lihat keatas terus, keinginan itu ada banyak banget, sampai lupa harus bersyukur terlebih dahulu agar kita bisa merasa cukup terhadap yang kita punya.
    Thanks for sharing mbak Mei ^^

    BalasHapus
  10. Benar sekali
    Kita seringkali lupa berterima kasih kepada diri sendiri
    Padahal diri sendiri adalah pihak yang paling berjasa untuk bisa sampai pada titik ini
    Semangat untuk terus bertumbuh lebih baik lagi ya mbak

    BalasHapus
  11. Huhu terima kasih sudah diingatkan lewat artikelnya ini Kak Mei. Jadi ngerasa kesentil karena saya pun jarang mengapresiasi diri sendiri. Malah lebih sibuk dengan pencapaian orang lain padahal fokus sama diri sendiri mensyukuri apa yang sudah dicapai adalah hal yang utama

    BalasHapus
  12. Sulit sih buat sampai ke titik dimana kita bisa menjadi diri sendiri dan gak membanding-bandingkan.
    karena kadang ada saatnya akutu ngerasa kayak "Kenapa aku ga bisa kaya si X"?
    Tapi trus sadar diri siih.. "Aku orangnya effortless, jadi wajar kalau belum sampai di titik yang sama seperti dia.."

    Seringkali orang melihat hasil akhirnya tanpa peduli dengan prosesnya yang berdarah-darah yang harus dilewati untuk dia bisa sampai ke titik tersebut.

    Kalimat ini buat motivasi banget.
    iri boleh asal ada impact positifnya untuk diri sendiri.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.