MANFAAT DECLUTTERING DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Sewaktu saya bekerja sebagai corporate planner, saya belajar mengenai salah satu konsep manajemen yaitu 5S yaitu Seiri (Ringkas), Seiton (Rapi), Seiso (Resik), Seiketsu (Rawat), dan Shitsuke (Rajin). Belakangan ini lahir konsep baru yaitu decluttering yang ternyata memiliki tujuan yang sama dari kedua konsep ini. Tujuannya yaitu sama-sama membuang barang yang tidak dibutuhkan agar ruangan lebih tertata rapi dan bersih.

manfaat decluttering


Apa itu Decluttering?

Decluttering adalah proses untuk mengurangi barang yang tidak digunakan atau diperlukan. Konsep ini bisa dilakukan di kantor mau pun di rumah. Sehingga membuat kondisi kantor atau rumah menjadi lebih tertata rapi dan bersih. Decluttering dapat berupa pengurangan pakaian, buku, peralatan rumah,  bahkan bisa juga decluttering terhadap makanan. Decluttering ini dapat dilakukan dengan banyak cara seperti menyumbangkannya, menjual, atau bahkan membuangnya ke tempat sampah.

Decluttering mengajarkan kita untuk memprioritaskan barang-barang yang kita butuhkan. Secara garis besar, decluttering juga mengajarkan kita hidup dengan gaya minimalis. Gaya hidup ini belakangan ini banyak diusung oleh beberapa environmental enthusiast. Karena memiliki dampak positif terhadap keberlangsungan lingkungan.

Lebih penting dari konsep ini, ternyata dengan melakukan decluttering dapat membantu dalam menjaga kesehatan mental. Kok bisa? Sangat bisa. Selain memberikan manfaat untuk diri sendiri, decluttering juga bermanfaat untuk orang lain, bahkan untuk lingkungan.

Manfaat Decluttering Dalam Kehidupan Sehari-hari

Lalu apa saja manfaat decluttering untuk kesehatan mental? Ini dia beberapa manfaat yang bisa kamu ambil ketika melakukan decluttering.

1. Mengurangi Stres

Konsep decluttering yang mampu mengurangi barang-barang yang tidak perlu sehingga membuat ruangan yang kamu miliki lebih rapi dan tertata. Sehingga tidak akan lagi melihat barang-barang berantakan karena menumpuk dan bingung mau merapikannya bagaimana. Tentu saja dengan konsep decluttering akan membuat semua barang terata rapi, alhasil akan membuat pikiran kamu lebih nyaman sehingga stress pun hilang.

2. Meningkatkan percaya diri

Decluttering dipercaya mampu meningkatkan rasa percaya diri karena dengan decluttering kamu sedang belajar mengambil keputusan tegas dalam memilah milih barang yang diperlukan atau tidak. Secara mental keberanian kamu mengambil keputusan ini akan berpengaruh besar pada rasa percaya diri yang kamu miliki. Karena kamu semakin percaya kedepannya dalam mengambil keputusan.

3. Menghemat uang atau pengeluaran

Decluttering akan membantu kamu lebih berhemat soal pengeluaran terkait dengan kebersihan. Karena kamu tidak perlu lagi membayar biaya untuk membereskan atau membersihkan barang-barang yang tidak perlu atau tidak digunakan lagi.

4. Belajar ikhlas

Manfaat decluttering lainnya dalah mengajarkan kita untuk ikhlas. Kadang kita sering tidak rela melepas barang-barang yang kita miliki, padahal sebenarnya tidak digunakan. Sehingga hanya menambah berantakan atau menumpuk barang dan memenuhi ruangan saja. 

Dengan decluttering ini kita akan belajar untuk membuang, menjual, atau menymbangkan barang-barang tersebut. Sehingga lebih bermnafaat untuk orang lain. Secara tidak langsung proses ini membuat kita belajar ikhlas dengan melepas sesuatu yang kita miliki.

5. Menjaga lingkungan

Membuang barang-barang yang tidak digunakan, akan membantu mengurangi limbah dan menjaga lingkungan. Selain itu dengan tidak membeli barang yang tidak diperlukan, maka pihak produsen akan berhenti memproduksi barang-barang tersebut. Alhasil dapat membantu menjaga lingkungan dari limbah produksi barang-barang tersebut.

6. Menjaga produktifitas

Dengan melihat ruangan rapi, barang-barang tertata dengan rapi, secara tidak langsung membuat pikiran kita lebih fokus pada apa yang kita kerjakan. Tidak terganggu dengan banyaknya barang. Sehingga secara tidak langusng membantu mendorong produktifitas kita semakin meningkat.

7. Meningkatkan fokus

Selain mampu meningkatkan produktifitas, melakukan decluttering juga mampu membuat kita bekerja lebih fokus. Karena tidak ada barang berantakan, tidak ada terdistraksi harus merapikan barang-barang yang bercecer atau menumpuk. Juga membuat ruangan lebih lega dan rapi sehingga mata kita tidak banyak melihat kemana-mana.

Itu dia beberapa manfaat decluttering untuk kehidupan kita sehari-hari. Apakah kamu sudah melakukan decluttering di rumah? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar mengenai pengalamannya melakukan decluttering. 

Referensi:

https://canva.com/
https://www.psychologytoday.com/us/blog/in-practice/201802/6-benefits-uncluttered-space
https://blog.cove.id/decluttering-definisi-cara-melakukan-dan-manfaatnya/#:~:text=Decluttering%20adalah%20proses%20mengurangi%20barang%2Dbarang%20yang%20tidak%20diperlukan%20atau,dengan%20kelebihan%20barang%20atau%20kekacauan.

2 Coment

  1. Iya sih, dengan membuang barang yang tidak diperlukan bisa menghemat biaya, selain itu bisa menjaga lingkungan. Rumah juga jadinya lebih tertata ya mbak.😀

    BalasHapus
  2. aku belum sempet decluterring pas akhir tahun baru, mungkin bulan ini mau cicil :D semoga tidak mager hehehehe

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.