LEGACY APA YANG INGIN KAMU BANGUN AGAR HIDUP LEBIH BERMANFAAT?

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang. Lalu bagaimana dengan manusia? Manusia mati meninggalkan nama. Bagaimana nama kita agar menjadi sebuah legacy yang membuat hidup bermanfaatdiingat dan meninggalkan sebuah kenangan baik bagi siapa pun? Bahkan nama kita bisa menjadi sejarah bagi dunia? Tentunya legacy atau kenangan dan sejarah yang ingin kita tinggalkan adalah hal-hal baik.

Berbicara soal legacy apa yang dimaksud dengan legacy dan apa yang harus kita lakukan untuk meninggalkan legacy bagi orang lain?

legacy membuat hidup lebih bermanfaat

Mengenal Istilah Legacy?

Secara umum legacy adalah warisan. Diartikan juga sebagai peninggalan, harta peninggalan, harta pusaka, atau jejak yang ditinggalkan oleh leluhur baik itu individu mau pun organisasi. Lebih dari sekedar materi, legacy lebih melihat kepada nilai-nilai atau prinsip yang dianut, atau dijunjung tinggi, suri tauladan, serta memberikan dampak positif bagi sekitarnya, bahkan bagi dunia.

Mengacu pada kamus Merriam-Webster, Legacy memiliki dua perspektif. Legacy pertama dalam bentuk uang dan harta fisik yang diwariskan kepada seseorang. Kedua perspektif yang lebih luas yaitu sebagai peninggalan tak berwujud dari generasi ke generasi berikutnya berupa nilai, prinsip, suri tauladan yang berdampak positif.

Legacy dapat berlaku bagi individu atau pun perusahaan. Namun kali ini saya akan membahas legacy yang berkaitan dengan individu. Dimana kita hidup ingin meninggalkan sesuatu untuk diingat bahkan menjadi sebuah nilai atau prinsip yang bermanfaat bagi orang lain. Lalu bagaimana caranya kita meninggalkan legacy untuk orang lain dan membuat hidup kita lebih bermanfaat?

Tanamkan nilai atau prinsip hidup yang ingin diwariskan

Sangat penting mengetahui prinsip atau nilai hidup yang harus kita jalankan agar menjadi sebuah warisan baik bagi orang lain atau bahkan dunia. Nilai atau prinsip hidup ini pastinya akan membuat hidup kita juga semakin bermanfaat.

Misalnya kita ingin mewariskan kepada anak cucu kita prinsip atau nilai hidup dermawan. Maka tanamkan dalam diri kita untuk menjadi orang yang dermawan. Mulai berderma dari hal-hal kecil seperti menolong orang-orang yang membutuhkan, memberi makan anak yatim piatu, dan lainnya. Selagi kita hidup pastinya hal ini akan membuat hidup kita semakin bermanfaat.

Nilai-nilai atau prinsip hidup berupa dermawan ini akan diingat orang lain saat kita sudah tiada. Apalagi jika bentuk dermawan kita yang masih terlihat kasat mata atau abstrak menjadi sebuah warisan yang terlihat. Misalnya kita mendirikan yayasan atau rumah untuk anak-anak terlantar, anak-anak yatim piatu, rumah untuk panti jompo, atau membantu pembangunan sekolah dan rumah ibadah. Maka bentuk legacy kita akan semakin terlihat nyata di mata manusia: orang yang dermawan.

Dengan berderma tersebut maka orang lain akan secara tidak langsung mengenal prinsip atau nilai hidup kita dan kemudian ikut mencontoh dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-harinya.

Legacy baik tersebut juga akan dikenang oleh banyak orang bahwa kita sebagai orang yang dermawan. Jadi jika ingin meninggalkan legacy baik, maka tanamkan prinsip atau nilai hidup yang baik dari sekarang.

Itu adalah salah satu nilai atau prinsip hidup yang bisa kita tanamkan dalam hidup kita dan akan menjadi sebuah legacy saat kita sudah tiada. Jadi tentukan dari sekarang legacy apa yang ingin kamu tinggalkan dalam hidupmu. 

Nilai atau prinsip hidup dermawan sampai mampu mendirikan yayasan untuk menolong orang lain adalah salah satu impian saya dan legacy yang ingin saya bangun.

Bagaimana Legacy Seorang Blogger?

Sebagai Blogger pastinya kita bertanya-tanya, legacy baik apa yang bisa kita tinggalkan saat sudah tiada yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Sebagai seorang Blogger pekerjaan kita adalah menulis, memberikan banyak informasi bagi para pembaca online dan legacy kita adalah tulisan. 

Oleh sebab itu, buatlah tulisan-tulisan yang bermanfaat untuk dibaca para pembaca kita. Sehingga menjadi referensi saat mereka membutuhkan sebuah informasi. Buat tulisan yang dapat menginspirasi orang lain, memberikan pembaca hal-hal yang bermanfaat bahkan memberikan mereka motivasi untuk terus tumbuh dan berkembang. Bahkan membuat hidup mereka terus bersemangat dalam menjalankan hidupnya.

Buat tulisan-tulisan yang mendorong banyak orang untuk membangun legacy versi mereka sendiri. Membuat para pembaca bahagia menjalani hidup, selalu merasa bersyukur, menginspirasi para pembaca, bahkan membuat para pembaca berhenti membandingkan diri mereka dengan orang lain.

Jadi untuk para Blogger dari sekarang mari kita buat tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi para pembaca setia kita. Selain membuat hidup kita semakin bermanfaat, tentu saja bermanfaat juga bagi para pembaca. Dan ini warisan yang ingin saya tinggalkan kepada para pembaca saya, bawah tulisan-tulisans aya bermanfaat untuk mereka. Tentu saja ini akan membuat hidup saya terasa lebih bermanfaat dan menjadi amal jariyah buat saya nantinya.

Itu sebagian kecil yang bisa kita lakukan sebagai Blogger untuk membangun legacy. Terus perbanyak karya melalui tulisan yang bermanfaat bagi para pembacanya. Bagaimana legacy yang sudah kamu bangun dalam hidup kamu? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar.

15 Coment

  1. akutu selalu clueless kalo dapat pertanyaan "legacy apa yg akan kamu tinggalkan, setelah nanti berkalang tanah?"
    karena sampai detik ini ga tau gimana jawabnya 😤😖 Super hepiiii nemu artikel.ini. Mencerahkan! ❤️💯💪

    BalasHapus
  2. akutu selalu clueless kalo dapat pertanyaan "legacy apa yg akan kamu tinggalkan, setelah nanti berkalang tanah?"
    karena sampai detik ini ga tau gimana jawabnya 😤😖 Super hepiiii nemu artikel.ini. Mencerahkan! ❤️💯💪

    BalasHapus
  3. Setuju banget, legacy-nya seorang blogger ya dari karya-karya tulisannya di blog. Termasuk ilmu-ilmu yang dimiliki dan bisa dibagikan untuk pembacanya, menurut saya kalau kita punya ilmu dan diaplikasikan oleh orang lain, tentu akan membawa manfaat baik untuk diri sendiri maupun banyak orang. Makanya saya suka nyimpen catatan belajar juga di blog, supaya bisa dibaca diri sendiri dan orang lain. Semoga apa yang kita tulis bisa mendatangkan lebih banyak manfaatnya yaa..

    BalasHapus
  4. Sejauh ini ya dengan tulisan (dan sedikit prestasi) sama.... buku-buku. Aku tuh kadang mikir, kalau besok mati, dalam kondisi belum berkeluarga dan punya anak, ya paling gak ponakanku bisa baca tulisan omnya. Bisa mewarisi buku-buku peninggalan om serta segala macam pernak pernik benda koleksi haha

    Tapi yang pasti, kenangan atas kebaikan itu yang gak lekang. Walaupun mungkin aku galak, tapi ya mereka tahu akunya sayang. Sebab kalau ada perlu om yang galak inilah yang mereka andalkan hehe. *jadi melow baca tulisan di atas dan komen gini hahaha

    BalasHapus
  5. Kalau diartikan legacy berarti amal jariyah gitu kak? Something good yang bisa memberi pengetahuan dan memberi manfaat bagi para pembaca blog kita. Nah daku juga banyak2 bikin artikel organik dan tujuannya bukan hanya naikin pv or DA or other, tapi juga yg bikin pembaca juga mendapatkan ilmu dari blogku.

    BalasHapus
  6. terima kasih kak sharingnya bermanfaat banget jadi mikir kira2 legacy apa yng ingin ditinggalkan sebagai blogger...ingin nya bisa dikenal sebagai blogger yang membagikan cerita bahagia agar yang membaca juga bisa merasakan kebahagiaan yang kita rasakan saat itu..semoga selalu konsisten utk tetap menulis :)

    BalasHapus
  7. Yup.. Betul jadi sbg blogger harus terus memberi informasi yg bermanfaat untuk pembaca sehingga mereka nantinya akan menjadi pembaca setia di blog karena mereka senang dgn tulisan kita

    BalasHapus
  8. Aku nggak muluk-muluk sih... Berharap nanti pas waktunya harus pulang, aku pulang dalam keadaan baik. Tidak ada yang merasa tersakiti, begitupun aku... Terutama untuk keluarga yang selama ini udah jadi bagian hidup...

    Terimakasih buat tulisan Indahnya mba.. Salam kenall yaaa..😚

    BalasHapus
  9. Iya, namanya juga hidup ya
    Harus bermanfaat
    Termasuk dalam meninggalkan legacy terbaik
    Kalau aku, ingin menanamkan legacy untuk menjadi perempuan mandiri kepada dua orang anak perempuanku

    BalasHapus
  10. wahhh bener yah, yang namanya tulisan tidak akan leakang dimakan zaman, baik dalam bentuk cetak maupun offline pasti akan bisa dibaca dan selalu menjadi peninggalan yang tak akan hilang. Terlebih jika bermanfaat amaka akan selalu dibutuhkan orang banyak

    BalasHapus
  11. Terima kasih banyak atas tulisan terkait Legacy yang sangat penuh manfaat. Menjadi sebuah pengingat banget, kira-kira tulisan apa yang manfaat buat pembaca, jadi satu pertimbangan terkuat ketika akan menulis artikel. Semoga saja bisa meningkatkan skill kepenulisan ku, serta menyajikan artikel informatif dan bermanfaat bagi banyak orang 😇 Tanpa terkecuali, diri kita sendiri.

    BalasHapus
  12. Setiap manusia bisa meninggalkan legacy bagi generasi selanjutnya. Oleh karena itu konsisten berbuat baik dan tetap berada di jalan yang benar , semoga menjadi jejak legacy yang akan diwariskan kelak

    BalasHapus
  13. Jadi memikirkan secara mendalam bahwa jejak digital ini akan menjadi legacy hingga aku tiada, kelak. Kudu lebih dewasa, lebih wise dalam mengambil makna hidup. Menjadi diri sendiri ini penting sekali agar kita juga lebih kuwes dalam menyampaikan sesuatu yang semoga dimaknai baik bagi pembaca.

    BalasHapus
  14. baru ngeh dengan pengertian "lain" dari legacy ini
    selama ini aku selalu berpikir, aku ingin "dikenang" sebagai apa ya, kayak misalnya aku seneng terjun atau menyukai dunia sosial atau charity. Memang nggak banyak hal yang bisa aku lakukan kalau misalnya ada bencana disekitar kita, aku hanya bisa bantu beberapa hal dan itupun nggak terjun langsung ke lapangan, tapi support melalui temen aku yang bener bener bisa dipercaya di lapangan
    Ngelihat orang lain seneng, aku sendiri ikutan seneng juga.
    Dari ini aku balik mikir lagi, di satu sisi kadang aku tuh ngeselin ke orang lain, tapi dalam hal lain kalau ada berita sedih, aku ikutan sedih

    BalasHapus
  15. Setuju banget, jadikan tulisan kita di blog sebagai ibadah jadi memacu kita untuk terus menulis hal-hal yang bermanfaat untuk kita dan sekeliling kita ya..semoga tulisan kita bisaenjadi legacy dan amal jariyah aamiin

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.