TIPS MEMILIH KARPET KAMAR TIDUR MINIMALIS

Karpet menjadi salah satu barang atau perlengkapan yang harus ada di kamar tidur. Selain membuat kamar tidur terasa lebih nyaman, kehadiran karpet yang tepat juga akan membuat kamar tidur terlihat semakin estetik dan juga suasana kamar menjadi lebih hangat.

Namun untuk membuat kamar tidur menjadi sangat nyaman, pemilihan karpet juga tidak bisa sembarangan. Sesuaikan dengan desain kamar. Mulai dari ukuran, warna, corak, bahan, juga bentuk. Hal ini berlaku untuk semua desain kamar, termasuk karpet untuk kamar tidur minimalis.

karpet kamar tidur minimalis


Fungsi Karpet Untuk Kamar Tidur

Kenapa karpet penting dipasang di kamar tidur? Ada banyak manfaat memasang karpet di kamar tidur yang perlu anda ketahui. 

1. Menambah keindahan ruangan

Perpaduan warna karpet dengan berbagai perlengkapan kamar tidur akan menambah keindahan ruangan. Tentunya juga akan mempercantik interior ruangan. Maka dari itu pemilihan warna, ukuran, jenis karpet dan lainnya tidak boleh keliru, karena akan berpengaruh besar pada tampilan kamar tidur.

2. Meredam suara

Ternyata karpet mempunyai fungsi untuk meredam suara bising dari luar kamar. Tidak secara total jika kamar anda tidak kedap suara, namun suara yang masuk dari luar akan berkurang. Hasilnya istirahat anda juga tidak terganggu.

3. Menjaga suhu tetap hangat

Bagi anda yang tinggal di daerah dingin, penggunaan karpet di berbagai ruangan termasuk kamar tidur sangat membantu membuat kamar menjadi lebih hangat. Bahkan ketika anda sedang berjalan pun akan membantu membuat kaki tidak kedinginan. Anda pun akan merasa nyaman ketika harus duduk berlama-lama di lantai kamar karena terasa hangat dan nyaman.

4. Aman untuk anak-anak

Selain membuat rasa nyaman bagi pemilik kamar, memasang karpet di kamar juga sangat aman untuk anak-anak. Terutama bagi anda yang memiliki anak usia balita.

5. Memberikan rasa nyaman

Ternyata pemasangan karpet di kamar secara tidak langsung juga memberikan rasa nyaman bagi pemilik kamar. Dalam feng shui ternyata karpet difilosofikan sebagai tempat istirahatnya energi positif dan juga energi negatif. Dimana hal ini dapat menstabilkan energi. Jadi mulai sekarang yuk pasang karpet di kamar.

Ternyata manfaatnya banyak juga ya memasang karpet di kamar tidur. Dengan begitu tidak ada salahnya kita mulai memasang karpet di kamar tidur agar semakin nyaman dan betah di kamar tidur.

Tips Memilih Karpet Kamar Tidur Minimalis

Ada beberapa tips yang harus anda ketahui ketika akan memilih karpet kamar tidur minimalis, agar kamar tidur menjadi lebih hidup. Dan berikut adalah tips memilih karpet kamar tidur minimalis.

1. Ukuran karpet sesuai dengan desain kamar

Tips memilih karpet kamar tidur minimalis pertama yang harus anda ketahui adalah tepat dalam memilih ukuran. Karpet kamar tidur kecil memberikan kesan kamar tidur yang tidak hangat. Karpet kamar tidur yang ukuran besar akan memberikan kesan kamar yang sempit.

Oleh sebab itu pilihlah karpet kamar tidur minimalis anda dengan ukuran yang ideal atau sesuai dengan ukuran atau desain kamar tidur anda. Hal ini juga akan berkaitan dengan perlengkapan lain yang diletakan di kamar tidur.

Salah satu tips memilih ukuran karpet kamar tidur minimalis anda adalah dengan menentukan dari awal berapa jumlah ukuran atau berapa jumlah ubin yang nantinya tidak tertutup dengan karpet. Dari situ anda dapat menentukan ukuran karpet yang tepat.

ukuran karpet kamar tidur minimalis


2. Warna karpet sesuai dengan tema kamar

Karpet dengan desain warna cerah dan polos tanpa corak akan membuat ruangan kamar tidur terasa jauh lebih luas. Meskipun memang warna-warna seperti ini rentan akan kotor. Anda dapat memilih warna pastel, putih, abu, coklat muda, krem, dan lainnya. Sesuaikan dengan tema atau desain kamar tidur minimalis anda.

3. Pilih tekstur karpet yang nyaman

Untuk membuat kamar tidur semakin nyaman, jangan lupa untuk mempertimbangkan tekstur karpet. Semakin tebal biasanya akan terasa lebih nyaman dan hangat. Terutama jika anda tinggal di daerah yang memiliki suhu dingin. Tesktur juga mempunyai pengaruh besar terhadap interior kamar secara keseluruhan. Jadi pilih bahan atau tekstur karpet yang sesuai.

Anda juga dapat memilih tekstur dengan bahan yang berasal dari wol, nilon, wol-nilon dengan berbagai pilihan sesuai dengan selera anda seperti alpaka dan campuran wol-sutra. 

Misalnya dengan memilih tekstur karpet yang fluffy, membuat kamar terasa lebih hangat. Model tekstur fluffy berbulu juga memberikan kesan kamar yang mewah dan elegan. Jenis karpet untuk kamar tidur ini, selain berkesan mewah juga sangat nyaman saat anda duduk di atasnya.

tekstur karpet kamar tidur


4. Sesuaikan bahan dengan interior kamar

Pilih karpet yang sesuai dengan interior kamar. Misalnya gunakan karpet yang memiliki pola stripes jika perlengkapan kamar tidur minimalis anda didominasi dengan berbagai perlengkapan berbahan kayu. Selain membuat kombinasi keduanya semakin indah dan senada, juga akan memberikan kesan semakin hangat dan cantik dan terlihat lebih classy. 

Pilih warna karpet kamar tidurnya yang lebih natural seperti krem atau coklat muda. Namun tetap senada dengan warna kayu atau desain perlengkapan kamar tidur minimalis anda.

model karpet kamar


5. Pilih warna gelap untuk kesan elegan

Tips memilih karpet kamar tidur minimalis berikutnya adalah dengan memilih karpet warna gelap. Karpet lantai kamar tidur dengan warna gelap belakangan ini sedang menjadi tren dan banyak digandrungi. Salah satunya adalah warna hitam.

Karena karpet kamar tidur warna hitam membuat kamar tampak terlihat elegan, mewah dan suasana kamar menjadi lebih hidup. Baik itu dengan desain berpola ataupun dengan warna polos. Anda dapat menggabungkannya dengan desain lampu kamar tidur minimalis. Tentunya akan membuat suasana kamar tidur semakin indah dan cantik.

warna karpet kamar tidur minimalis


6. Pilih bentuk sesuai desain dan selera

Selain warna dan ukuran, untuk menambah estetika kamar tidur minimalis anda, pilih bentuk karpet yang sesuai dengan desain kamar dan jangan abaikan juga soal selera anda. Padukan keduanya sehingga membuat kamar menjadi indah dan juga nyaman.

Anda dapat memilih bentuk persegi empat, oval, sampai dengan bentuk bulat atau persegi. Sesuaikan dengan desain kamar dan selera anda. Misalnya sesuaikan dengan perlengkapan yang ada di kamar, cat atau wallpaper kamar, desain lampu, sampai dengan desain gorden juga harus menjadi pertimbangan.

bentuk karpet kamar tidur minimalis


7. Cek kualitas karpet

Sebelum membeli karpet kamar tidur pastikan karpetnya memiliki kualitas bagus. Karena untuk pemakaian jangka panjang dan membuat nyaman saat digunakan, maka kualitas karpet harus yang baik. Beli karpet di toko-toko yang sudah dikenal dan terjamin kualitasnya sehingga tidak mengecewakan dan karpet akan awet.

Itu dia beberapa tips memilih karpet kamar tidur minimalis yang harus anda ketahui. Pilih ukuran, desain, motif, warna, bahan dan lainnya, sesuai dengan selera anda. Namun tetap disesuaikan dengan desain kamar tidur minimalis anda. Jangan hanya memilih karpet kamar tidur murah tetapi dari sisi kualitas wajib dipertimbangkan.

Alhasil perpaduannya membuat kamar tidur minimalis anda semakin estetik, hangat. Selain itu membuat anda nyaman saat berada di kamar tidur minimalis anda.

Apakah anda mempunyai tips lain dalam memilih karpet kamar tidur minimalis? Atau bahkan sudah menerapkan salah satu tips di atas? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar.

Referensi:

https://www.dekoruma.com/artikel/52877/desain-karpet-ruangan-kecil
https://www.hipwee.com/list/kamar-tidur-cozy-dengan-karpet/

9 Coment

  1. Wooow cantik cantik banget desain contoh ruangannya!!!

    Aku juga suka karpet tapi sejak si bontot terindikasi alergi debu karpet sekarang aku cuma pake sepotong yang super tipis sebagai pemanis aja

    BalasHapus
  2. Dalam kamarku belum ada karpet. Karena emang agak sulit ya menentukan mau pake karpet seperti apa yang cocok dan nyaman untuk kamarku. Dengan tips ini, aku jadi mudah mencari mau pake karpet apa yang cocok. Tinggal hunting aja karpetnta di marketplace. Terima kasih, Kak....

    BalasHapus
  3. Memilih karpet memang benar-benar harus dipikirkan dari segi bahan, warna dan modelnya. Pernah dulu 2016 ngetrend karpet cendol, dan aku menyesal membelinya. Selain susah dibersihkan, kualitasnya jelek dan sama sekali tidak estetik. Modelnya tidak timeless sehingga ketika ganti interior ruangan, karpet lama tidak bisa dipakai. Dan, jangan lupa.. menggunakan karpet berarti sudah siap untuk ekstra bersih-bersih. Karena karpet perlu rutin dibersihkan agar tidak menimbulkan sarang penyakit.

    BalasHapus
  4. Kebetulan aku baru-baru ini ada keinginan mau beli karpet. Tapi bingung dengan bahan. Karena maunya yang mudah dibersihkan dan bisa dicuci di mesin cuci sih. Memang semua kembali ke kebutuhan dan keinginan masing-masing

    BalasHapus
  5. Impian banget nih punya kamar tidur yang minimalis dan dalamnya ada karpet warna abu-abu atau cokelat. Pasti makin nyaman deh di dalam kamar, bisa-bisa ngedraft artikel terus saking semangatnya.

    BalasHapus
  6. Aku sebenernya suka banget sama kamar yang berkarpet. Selain menambah "warna" kamar juga bikin ga dingin pas nginjek lantainya. Tapi ada beberapa hal yang kudu diperhatikan banget, seperti kudu rajin bersihin, karena kalo engga, rawan nempel debu dan kotoran.

    BalasHapus
  7. Dari dulu nih bingung mau pilih karpet kamar, secara masih punya dua bocah yg masih bayi. Pilihannya jatuh ke warna gelap ato terang. Kepengen pilih yg warna gelap, takut ada binatang kecil mbangun keluarga disitu. Kalau pilih yg warna terang, takut cepet kotor karpetnya wkwkwk. Alhasil berujung 'ngga dulu deh'.
    Tapi ini artikel manfaat banget mbak, ijin bookmark ya ^^

    BalasHapus
  8. penggunaan karpet memang memberi suasana lebih ya bagi ruangan. kalau di rumah aku pakai karpet buat di ruang keluarga sih biar enak buat rebahan

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.