10 TIPS MEMILIH GORDEN KAMAR TIDUR MINIMALIS

Memilih gorden kamar tidur minimalis harus diperhatikan dengan cermat. Agar keberadaan gorden semakin membuat kesan kamar tidur minimalis anda semakin kental. Mulai dari model atau desain, warna, ukuran, sampai dengan bahan gorden. Karena semuanya akan mempengaruhi keindahan kamar tidur minimalis anda. Termasuk juga akan berpengaruh terhadap intensitas cahaya yang masuk.

tips memilih gorden kamar tidur minimalis


Tips Memilih Gorden Kamar Tidur Minimalis

Maka dari itu pertimbangkan dengan matang saat memilih gorden untuk kamar tidur minimalis anda. Agar membuat desain kamar tidur minimalis anda semakin cantik dan estetik. Serta sirkulasi udara atau cahaya matahari yang masuk juga tetap baik.

1. Gunakan Bahan Ringan

Untuk kamar tidur minimalis dapat menggunakan gorden kamar tidur dengan bahan gorden yang tipis dan ringan. Bahan tipis ini akan membuat kesan ringan ke dalam ruangan. Apalagi jika kamar tidur anda memiliki banyak jendela. 

Penggunaan gorden dengan bahan tipis ini akan membuat ruangan terasa lebih lega atau luas. Linen, sutra, poliester, kain sintetis adalah salah satu jenis bahan ringan yang dapat anda pilih untuk gorden kamar tidur anda. Selain memiliki bahan ringan bahan-bahan tersebut memiliki kualitas bahan yang baik dan awet. Karena kain-kain tersebut cukup tipis maka saat mencucinya harus lebih hati-hati agar tidak sobek.

model gorden kamar tidur


2. Pilih sesuai ukuran

Pemilihan ukuran gorden yang tepat akan berpengaruh besar pada keindahan kamar tidur minimalis anda. Ukuran yang tepat akan membuat ruangan terasa lebih longgar dan luas. Jika ukurannya terlalu panjang atau sebaliknya kependekan maka akan membuat keindahan kamar menjadi berkurang. Oleh sebab itu sesuaikan ukuran gorden dengan jendela kamar tidur anda.

3. Kombinasikan vitrase dengan bahan gorden

Salah satu tips memilih gorden kamar tidur minimalis adalah dengan menggabungkan vitrase dan bahan gorden. Fungsi vitrase sendiri adalah untuk menahan cahaya matahari masuk secara langsung ke dalam ruangan. VItrase juga akan menjaga privasi kamar anda agar tidak terlihat secara langsung dari luar.

Biasanya setelah vitrase akan ditambahkan gorden di bagian depannya, sehingga jika malam hari, tidak terlihat dari bagian luar kamar tidur. Tentu saja hal ini juga akan menjaga privasi istirahat anda pada malam hari.

gorden vitrase


4. Sesuaikan warna dengan warna ruang tidur

Untuk menambah kesan kamar anda terlihat estetik dan cantik, pilih warna gorden yang sesuai dengan cat atau wallpaper kamar tidur minimalis anda. Sehingga akan membuat kesan senada dan semakin membuat kamar anda terlihat indah. Jadi jangan lupa untuk mencari informasi tips memilih warna gorden agar sesuai dengan tema kamar anda sebelum membelinya.

Jika kamar tidur minimalis anda mempunyai warna cat atau wallpaper dengan warna natural, maka pilih warna yang senada atau natural juga. Perpaduan warna gorden dan tembok yang senada akan membuat kamar tidur semakin cantik.

5. Gunakan gorden model gantung untuk jendela kecil

Untuk ukuran jendela kecil atau pendek yang biasanya menggantung ke samping, akan lebih bagus jika menggunakan model gorden yang menggantung. Selain lebih rapi pastinya tidak mengganggu barang-barang yang diletakkan di bawah jendela.

6. Gunakan gorden sampai ke plafon

Tips memilih gorden kamar tidur minimalis berikutnya adalah jika jendela anda berbentuk panjang atau memiliki ukuran jendela yang luas atau tinggi, maka gunakan gorden yang dipasang bagian atasnya sampai menyentuh langit-langit atau plafon kamar tidur minimalis anda. 

Atau biasanya jenis jendelanya yang sampai menutup satu dinding kamar tidur. Model gorden ini akan membuat kamar tidur terasa luas dan mewah. Buat bukaan gorden menjadi dua bagian, kanan kiri sehingga membuat kesan kamar semakin luas dan mewah.

gorden model plafon

7. Gunakan gorden yang berkualitas

Tips lain memilih gorden kamar tidur minimalis adalah wajib mempertimbangkan kualitas bahan gorden. Jangan sampai anda membeli gorden yang cepat rusak, jahitan tidak rapi, bahan kurang bagus, warna cepat memudar, dan lainnya. Menggunakan bahan yang berkualitas akan membuat kamar anda semakin terlihat mewah dan cantik.

8. Perhatikan tema gorden

Selain warna gorden, tema gorden juga wajib diperhatikan agar tetap sesuai dengan tema kamar. Jangan sampai tema gorden bertabrakan dengan tema kamar. Tentu saja hal ini akan membuat desain kamar tidur minimalis anda menjadi kurang estetik.

9. Pilih tirai bermotor

Tips memilih gorden kamar tidur minimalis berikutnya adalah pemilihan tirai. Untuk desain kamar tidur minimalis, anda dapat memilih gorden dengan tirai bermotor. Sehingga proses tutup buka gorden dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan remote. Tentu saja hal ini akan mempermudah anda, terutama bagi gorden dengan desain tinggi yang menempel pada plafon.

10. Gunakan gorden ala Jepang

Tips terakhir memilih gorden kamar tidur minimalis adalah dengan menerapkan konsep gorden ala Jepang. Gorden dengan desain ala Jepang akan membuat suasana kamar tidur tampak tidak begitu terang benderang alias minim cahaya. 

Gorden ala Jepang yang tampak redup ini, selain menghemat energi, pastinya penggunaan gorden jenis ini akan membuat suasana tidur anda lebih nyenyak pada malam hari.

Itu dia beberapa tips memilih gorden kamar tidur minimalis yang perlu anda perhatikan. Menyesuaikan dengan ukuran kamar, desain dan warna kamar tidur, akan membuat kamar tidur minimalis anda semakin cantik dan estetik. Pemilihan gorden yang tepat juga akan membuat kamar tidur minimalis anda terlihat luas dan mewah, juga terasa nyaman saat ditinggali.

Anda mempunyai tips lainnya untuk memilih gorden kamar tidur minimalis? SIlakan untuk sharing di kolom komentar.

Referensi:

https://www.canva.com/
https://sampurasun.co.id/3308/gorden-jendela-minimalis/
https://www.kobaran.com/fed/46510661051/gorden-jendela-kamar-tidur-minimalis-solusi-terbaik-untuk-ruangan-sederhana?page=2

1 Coment

  1. Rumah saya imut dan bertema minimalis, memang untuk ukuran jendela kecil atau pendek lebih bagus jika menggunakan model gorden yang menggantung. Pas benar!

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.