MAKANAN UNTUK KESEHATAN TULANG

Tulang adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Kita dapat mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung kalsium, vitamin D, dan protein. Kalsium membantu untuk kepadatan dan kekuatan tulang. Sedangkan vitamin D digunakan untuk menyerap kalsium dan menjaga pertumbuhan tulang. Sementara protein berfungsi untuk menurunkan risiko terkena osteoporosis dan patah tulang.

makanan untuk kesehatan tulang



Makanan Untuk Kesehatan Tulang

1. Susu dan produk turunannya 

Susu terkenal kaya akan kalsium dan merupakan mineral penting untuk pembentukan tulang yang kuat. Beberapa perusahaan juga menambahkan vitamin D ke dalam produk susu olahannya, sehingga selain mengkonsumsi susu anda juga mendapatkan kebaikan dari vitamin D yang terkandung didalamnya.

2. Ikan Salmon dan Sarden

Kedua ikan ini terkenal kaya akan asam lemak omega-3. Kedua jenis ikan ini dipercaya dapat membantu mencegah tulang keropos.

3. Sayuran hijau 

Sayuran hijau juga dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan kalsium dan mengandung banyak vitamin. Sayuran hijau seperti kale, brokoli, dan bayam mengandung kalsium dan vitamin K, yang dapat membantu mencegah keropos tulang.

4. Telur

Telur mengandung protein yang penting untuk pembentukan tulang. Kandungan vitamin D yang terkandung pada kuning telur dapat memabntu menjaga kesehatan tulang anda. Tidak hanya itu, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan gigi anda.

5. Buah jeruk

Bua jerul banyak mengandung vitamin C yang dapat membantu pembentukan kolagen, yang merupakan bagian penting dari struktur tulang. Sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin maka akan membantu menjaga kesehatan tulang anda. Selain buah jeruk anda juga dapat mengonkonsumsi buah-buahan lainnya seperti apel, pir, dan pisang. Semuanya kaya akan vitamin C yang tinggi untuk tulang anda.

6. Tahu

Tahu mengandung banyak Vitamin D, Vitamin B6, Vitamin A, dan juga Vitamin C. Selain itu juga mengandung banyak kalsium, zat besi, megnsium, dan juga fospor yang akan membantu membuat tulang semakin sehat. Lebih menariknya lagi tahu ini bisa kita dapatkan dengan mudah.

7. Kacang merah

Kacang merah memiliki banyak kalsium dan juga sebagai sumber vitamn B. Anda dapat memasaknya dengan cara apapun yang anda sukai. Konsumsilah secara rajin agar anda dapat emrasakan manfaatnya untuk tulang anda.

8. Selada air

Siapa yang menyangka kalau selada air mengandung kalsium yang tinggi. Sajikan dalam keadaan mentah bisa digunakan sebagai lalapan. Selain baik untuk kesehatan tulang, selada air juga sangat bagus untuk pencernaan.

Itu dia beberapa makanan untuk kesehatan tulang anda. Konsumsilah secara rutin dan sesuai dengan porsinya.

Aktivitas untuk menjaga kesehatan tulang

Selain makan makanan yang kaya akan nutrisi penting untuk kesehatan tulang, ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang, seperti:

1. Olahraga

Lakukan olahraga secara teratur, terutama olahraga yang melibatkan beban, seperti berjalan, berlari, atau berangkat dari tangga. Hal ini akan membantu tulang anda kuat dan semakin sehat dan agar tulang tetap sehat dan terhindar dari pengeroposan.

2. Hindari rokok dan alkohol

Aktivitas lain untuk membuat tulang anda semakin sehat dan kuat adalah dengan menghidnari rokok dan juga alkohol. Jika anda sudah terbiasa mengkonsumsinya, maka berhentilah secara perlahan-lahan.

3. Konsumsi makanan sehat

Untuk menjaga kesehatan tulang, anda juga perlu menjaga pola makan yang sehat, banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu tulang semakin kuat dan sehat.

4. Berjemur

Salahs atu cara mendapatkan tulang sehat dan kuat adalah dengan mendapatkan cukup sinar vitamin D sebagai salahs atu sumber vitamin D yang paling besar. Berjemurlah di pagi hari 5-15 menit setiap harinya.

5. Konsumsi Vitamin D

Selain dengan cara berjemur, anda juga dapat mengkonsumsi vitamin D untuk kesehatan tulang anda. 

Pastikan setiap harinya anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium, vitamin D, dan juga protein sesuai dengan kebutuhan tubuh. 

Itu dia beberapa makanan untuk menjaga kesehatan tulang beserta aktivitas apa saja yang bsia dilakukan untuk membuat tulang semakin sehat dan kuat.

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/6-makanan-untuk-memperkuat-tulang-dan-mencegah-osteoporosis
https://www.cdr.co.id/kesehatan-tulang/9-sumber-makanan-tinggi-kalsium-untuk-tulang
https://www.anlene.com/id/ms/vitamin-untuk-tulang-dan-otot.html
https://mayapadahospital.com/news/5-sumber-nutrisi-untuk-kesehatan-tulang

9 Coment

  1. Terima kasih infonya. Berjemur sambil berjalan kaki pagi menjadi cara efektif untuk mendapatkan vitamin D sekaligus berolahraga

    BalasHapus
  2. Wah, jadi ingat teman yang kurang dalam konsumsi susu dan ikan. Beliau terkenal masalah tulang sekarang. Emang, konsumsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh itu wajib. Terima kasih Kak..

    BalasHapus
  3. Kalau dari segi makanan aku yakin sih banyak banget yang aware. Tapi satu hal yang sering dilupakan sebagai sumber vitamin D yang baik untuk tulang adalah sinar matahari. Nah bagian ini aku juga sering skip. Padahal berjemur 5-15 menit di pagi hari sudah cukup untuk sumber vitamin D alami tubuh ya.

    BalasHapus
  4. Saya jarang banget berjemurr apalagi musim hujan gini kudu cari matahari yg jarang munculll

    BalasHapus
  5. Kaki kiri saya sekitar lutut dan betis bagian atas, belakangan ini sering terasa nyeri. Kalau masalah sendi dan tulang, kenapa hanya kaki kiri aja ya?

    Tapi saat ini saya mulai makin rajin makan makanan sehat, mengingat usia nggak lagi muda. Alhamdulillah semua makanan di atas saya suka semua dan relatif mudah didapat, kecuali salmon.

    BalasHapus
  6. Wah baru tahu kalau ternyata selada air sangat bagus untuk kesehatan tulang. Aku penggemar selada air buat temen lalapan sambel ataupun ditumis. Jadi makin suka deh sama selada air hihihii

    BalasHapus
  7. Kalau bagi perempuan sepertinya tulang rawan terkena sakit ya kak. Apalagi perempuan kan kodratnya hamil, melahirkan dan menyusui sehingga mudah terkena osteoporosis

    BalasHapus
  8. Semenjak pandemi Covid-19 melanda, we jadi lebih sering jemur di luar saat pagi hari. Menikmati indahnya pagi sambil ngeteh dan baca buku. Asik banget

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah sudah sedikit terbantu dengan adanya kebiasaan baik tidak merokok dan minum. Saya baru tahu ternyata telur juga baik untuk tulang ya.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.