TIPS LIBURAN KE LUAR NEGERI BAGI TRAVELER PEMULA

Buat kamu yang hobi traveling dan mulai mau merambah petualangannya ke luar negeri, pastinya banyak sekali yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat. Karena pastinya akan ada hal yang berbeda ketika akan traveling ke luar negeri. Mulai dari dokumen yang harus disiapkan, cuaca, bahkan sampai dengan adat atau budaya yang sangat berbeda. Jadi penting banget mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan. Dan ini dia tips liburan ke luar negeri yang wajib diketahui oleh traveler pemula.

tips liburan ke luar negeri


Tips Liburan Ke Luar Negeri bagi Traveler Pemula

1. Menentukan Ngara Tujuan

Mengetahui negara tujuan ketika akan traveling, pastinya akan membantu dalam hal mempersiapkan banyak hal. Mulai dari persiapan dokumen, pakaian, persiapan menghadapi cuaca, persiapan menghadapi adat dan budaya, dan lainnya.

2. Persiapkan dokumen

Setelah mengetahui negara tujuan, kamu pastinya akan mengetahui dokumen apa saja yang wajib kamu persiapkan. Selain paspor pastinya yang wajib kita miliki, kita juga akan mengetahui apakah negara tujuan tersebut membutuhkan Visa atau tidak. Sehingga setelah mengetahuinya kamu dapat mepersiapkannya jauh-jauh hari. 

3. Membuat itenari

Buat kamu yang seorang traveler pemula, alangkah baiknya ketika akan melakukan traveling membuat itenari yang matang, agar kamu tahu akan kemana saja. Sehingga bisa menghitung waktu dan biaya yang akan dikeluarkan. Perjalanan yang terarah akan membuat perjalananmu lebih menyenangkan. Sehingga tidak menimbulkan trauma atau kecewa di awal perjalanan kamu.

4. Persiapkan transportasi 

Beli tiket pesawat sesuai dengan kantong kamu dan belilah tiket pesawat dari maskapai yang terpercaya. Agar perjalanan kamu lebih aman dan nyaman. Selain itu untuk mendapatkan tiket murah kamu bisa membelinya jauh-jauh hari. 

Selain itu persiapkan dan cari informasi juga terkait dengan transportasi selama mobilisasi di negara tujuan. Misalkan, kamu berencana ke Jepang, di sana kamu dapat menggunakan transportasi kereta api untuk semua perjalanan kamu dengan membeli tiket kereta api berupa JR Pass. Kamu dapat membelinya dari sebelum keberangkatan secara online. Hal-hal seperti ini wajib kamu perhatikan.

5. Akomodasi

Tips liburan ke luar negeri lainnya bagi traveler pemula adalah mempersiapkan akomodasi selama di sana. Pastikan anda memilih penginapan sesuai dengan budget dan juga pertimbangkan keamanan penginapannya. Cek review orang-orang yang pernah menginap di sana, meskipun tidak 100% mewakili kondisinya, at least kamu mendapatkan gambaran mengenai kondisi hotel tersebut.

6. Tukar uang Rupiah dengan mata uang negara tujuan

Jangan lupa tukarkan mata uang Rupiah ke dalam mata uang negara tujuan, untuk memudahkan kamu melakukan transaksi selama di negara tujuan. Dan pastinya agar tidak repot mencari tempat penukaran uang selama di sana. Selain itu tidak semua negara tujuan juga menerima penukaran uang Rupiah.

7. Obat-obatan

Buat kamu yang mempunyai riwayat penyakit khusus, jangan lupa untuk membawa obat-oabatan pribadi untuk jaga-jaga. Agar kita tidak kesulitan mencari obat-obatan tersebut di negara tujuan. Karena belum tentu juga obat-obatan yang biasa kita konsumsi tersedia di negara tujuan.

8. Persiapkan asuransi

Buat saya ini termasuk hal penting yang wajib kamu beli ketika traveling ke luar negeri, apalagi kamu akan berwisata ke tempat-tempat yang rawan atau menantang. Seperti tujuannya melakukan pendakian gunung, atau destinasi wisata tujuannya yang cukup ekstrim, semisal ke kutub utara atau selatan. Asuransi menurut saya wajib untuk jaga-jaga.

9. Pelajari cuaca

Sebelum kamu berangkat wajib sekali mengetahui kondisi cuaca di negara tujuan. Apakah sedang musim salju, musim panas, musim gugur, atau musim semi. Hal ini pastinya akan membantu kamu menentukan jenis pakaian apa yang akan kamu bawa. Atau perlengkapan apa yang harus kamu persiapkan sesuai dengan musimnya. Agar kamu tidak harus mengeluarkan budget untuk membeli pakaian lagi selama di sana.

10. Jaringan internet

Jika kamu merasa wajib selalu terhubung dengan internet, maka persiapkan jaringan internet sebelum keberangkatan. Beberapa provider Indonesia menyediakan paket internet ke beberapa negara tujuan. Namun jika tersedia, kamu bisa membeli simcard di negara tujuan.

Itu dia tips liburan ke luar negeri bagi traveler pemula. Beberapa tips di atas dapat kamu terapkan ketika akan memulai perjalanan ke luar negeri pertama kalinya. Dan jika kamu mempunyai pengalaman soal perjalanan liburan ke luar negeri untuk pertama kali, silakan sharing di kolom komentar.

8 Coment

  1. Pas ke Bangkok aku lupa pasang paket internet dari Indonesia, jadi ketergantungan WiFi hotel dan restoran. Pelajaran kedepannya hihi

    BalasHapus
  2. Thanks mbak tipsnya. Aku baru sekali ke LN itu pun uda duluuu sekali dan cuma ke singapura hehehe. Meski dulu sendirian, kondisinya pasti sudah bgt. Butuh lagi tips untuk bepergian ke LN.

    BalasHapus
  3. Kalau saya yg utama rajin hunting promoo utak atik...catet bulan2 promo dan rencana kita pergi, tiket murah kemana sesuai budget angkut....tiket sudah ditangan baru cr info sana sini buat ittin n budget...(gusti yeni)

    BalasHapus
  4. Masalah asuransi ini penting banget, jadi bisa jaga-jaga jika ada kecelakaan, terpenting untuk memilih asuransi yang terpercaya memang

    BalasHapus
  5. Initerari ini penting sekali kalau liburan ke luar negeri agar fokus di tempat tujuannya dan lebih hemat dalam anggaran berlibur, btw terima kasih tipsnya ya mba :)

    BalasHapus
  6. Saya kayaknya termasuk newbie deh, saking lamanya gak pernah menggunakan paspor lagi. Panduan ini sangat membantu, makasih ya.

    BalasHapus
  7. Dokumen memang penting banget ya. Jadi kalau ada apa-apa kita punya dokumen resmi. Aku dulu tiga tahun lalu buat pasport dan Qodarullah pandemi. Walhasil pasportku masih kosong sampe sekarang, xixixi.Terimakasih sharingnya Kak.

    BalasHapus
  8. Sejatinya pergi liburan itu kayak pindah rumah, karena hampir beberapa kebutuhan dan perlengkapan kita bawa untuk keperluan selama disana. Jadi harus benar benar dipersiapkan.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.