10 CARA MENYELAMATKAN BUMI

Belakangan ini banyak sekali berita-berita yang menyiarkan tentang bencana alam di mana-mana. Hal ini mendakan bahwa bumi sedang tidak baik-baik saja, sehingga kita penghuni bumi ini sudah harus mulai berbenah diri agar bumi kita tetap aman dan kembali pulih dari kerusakannya. Jika pun tidak kembali pulih total setidaknya membuatnya lebih baik dan menundanya dari kerusakan. Lalu bagaimana cara menyelematkan bumi yang bisa kita lakukan ?

cara menyelamatkan bumi
Source: Canva
Recreated by Writer


Cara untuk menyelamatkan bumi

1. Membuang sampah pada tempatnya

cara pertama yang bisa kita lakukan dan yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari adalah dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Baik itu di lingkungan rumah maupun di luar rumah. Akan lebih baik lagi saat membuang sampah kita memilahnya sekaligus yaitu memisahkan sampah organik dan non organik dan membuang sesuai dengan tempatnya. Aksi kecil ini jika dilakukan oleh semua orang maka akan berpengaruh besar terhadap keberlangsungan alam.

2. Ikut aksi tanam pohon

Ikut aksi tanam pohon juga dapat berkontribusi dalam keberlangsungan dan kelestarian alam. Menanam pohon bisa kita lakukan di lingkungan sekitar rumah atau bergabung dengan komunitas dalam kegiatan pelestarian alam. Biasanya komunitas ini akan mempunyai aksi tanam pohon secara rutin. Kamu dapat bergabung dengan mereka atau bahkan melakukan donasi jika tidak sempat mengikuti kegiatannya. Mudah sekali bukan?

3. Gunakan air bersih dengan bijak

Langkah ketiga yang dapat kita lakukan dalam menyelamatkan bumi adalah dengan cara bijak menggunakan air bersih. Gunakan air bersih seperlunya dan jangan membuangnya sembarangan. Semakin besar konsumsi air bersih semakin besar juga potensi alam mengalami kerusakan.

4. Gunakan tas belanja yang ramah lingkungan

Aksi kecil lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi adalah dengan cara menggunakan tas belanja yang ramah lingkungan, seperti tote bag, dan sejenisnya. Belakangan ini sudah banyak sekali tas belanja yang dijual yang sangat ramah lingkungan. Selain dapat digunakan berkali-kali, dapat digunakan untuk barang lainnya, juga bahannya terbuat dari bahan yang aman untuk lingkungan.

5. Menggunakan sedotan ramah lingkungan

Buat kamu yang rajin nongki lalu biasanya minum-minuman boba atau sejenisnya, biasanya menggunakan sedotan atau straw dari plastik, yuk mulai sekarang gunakan sedotan yang ramah lingkungan. Kamu dapat membelinya di mana saja, karena sekarang sudah banyak sekali toko yang menjual produk ramah lingkungan ini.

6. Ganti botol minum dengan tumbler

Aksi kecil lainnya yang bisa kamu lakukan untuk melestarikan bumi adalah ganti botol minum plastikmu dengan botol refill atau tumbler. Bawa minuman dari rumah selain lebih hemat, kamu juga sudah membantu mengurangi sampah plastik plastik.

selamatkan bumi dengan tumbler
Source: Canva

7. Kurangi konsumsi energi listrik

Buat kamu yang biasa tidak mencabut colokan charger padahal tidak digunakan, yuk mulai sekarang selalu mencabutnya. Karena akan tetap saja memakan energi listrik biar pun kecil. Atau jika kamu menggunakan AC, gunakan sewaktu kita perlukan saja dan cari AC yang ramah energi. Atau jika biasanya kamu menyalakan lampu di siang hari padahal ruangan terang, yuk mulai matikan saja. Nyalakan jika diperlukan saja. Atau yuk mulai pilih bohlam lampu yang hemat energi.

8. Kurangi penggunaan tisu

Cara menyelematkan bumi lainnya adalah dengan mengurangi pemakaian tisu kamu boleh menggantinya dengan lap tangan yang bisa dicuci atau membawa sapu tangan saat bepergian. Dijamin aksi kecil ini akan mengurangi kerusakan lingkungan, apalagi jika dilakukan oleh banyak orang. Maka dampaknya akan sangat terasa dengan cepat.

9. Bawa kotak makan ketika membeli makanan

Aksi kecil lainnya yang bisa kamu lakukan dalam selamatkan bumi adalah dengan selalu membawa kotak makan kamu ketika akan membeli makanan. Hal ini tentu saja dapat meminimalisir plastik dan styrofoam yang akan merusak lingkungan. Atau jika kamu belanja ke pasar atau swalayan bisa loh kamu membawa kotak plastik dari rumah untuk mengurangi plastik.

10. Gunakan transportasi umum

Penggunaan kendaraan tidak hanya dapat merusak kesegaran udara namun juga dapat merusak tanah dan lainya. Jadi yuk mulai sekarang kita gunakan public transportation jika hendak kemana-mana. Apalagi mengingat saat ini transportasi umum semakin baik fasilitasnya. Sehingga sangat aman dan nyaman untuk bepergian.

Itu dia beberapa cara menyelamatkan bumi agar tetap lestari. Kalau bukan dair kita dari siapa lagi. Tidak perlu berangan-angan memulainya dari hal besar, lakukan dari hal-hal kecil yang paling dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Jika semuanya melakukan secara bersama-sama, maka bumi kita akan kembali pulih dan kembali lestari.

Aksi apa saja yang sudah kamu lakukan, yuk sharing di kolom komentar.

9 Coment

  1. Upaya sekecil apapun yang dapat kita lakukan udah sangat berguna banget dalam menyelamatkan bumi. Kalo aku pribadi, misalnya menghemat air, listrik dan penggunaan tisu/kertas.

    Semoga kesadaran ini meluas dan diikuti oleh banyak orang. Amiin

    BalasHapus
  2. Bawa tempat makan sendiri untuk ngebungkus makanan. Misalnya mau ke tukang bubur, ya bawa tempat makan sendiri, reusable dan ngga bikin sampah plastik baru.
    Dikit-dikit menerapkan lama-lama jadi biasa dan bertambah banyak jalan yang dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan...

    BalasHapus
  3. Upaya kecil yang rutin saya lakukan : Bawa tumbler saat bepergian, naik kendaraan umum, menghabiskan makanan, mengumpulkan minyak jelantah, sesekali ikutan event menanam pohon atau nanem tanaman di halaman rumah serta buang sampah pada tempat nya.

    Mudah-mudahan upaya ini terus berlanjut dan semakin banyak yang peduli sama menjaga lingkungan.

    BalasHapus
  4. Cara2 di atas itu ga susah, tp butuh ketekunan dan disiplin melaksanakannya.. tapi yg paling susah, no 10. Kendaraan umum memang seharusnya dipakai banyak orang, tapi kenyataan aku sendiri masih susah dan jaraaaang pakai ini :(. Lebih karena ga berani kalo sendirian 😅. Tipe buta arah pula. Makanya ttp LBH suka pakai mobil sendiri. Tapi semoga aja bisa lebih berani untuk ke depannya naik kendaraan umum.

    BalasHapus
  5. Dari 1 sampai 10, no. 8 agak sulit buat aku. Krn terbiasa selalu sedia tisu basah maupun kering, di rumah maupun perjalanan. Tp mulai mengurangi sih dgn bawa saputangan untuk perjalanan ky zaman dulu hehe

    BalasHapus
  6. Bumi semakin tua dan semakin banyak perubahan iklim yang kita rasakan. Bencana yang kerap terjadi itu tentunya gak lepas juga dari ulah manusia yang gak sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Padahal untuk melestarikan bumi gak mesti dengan melakukan hal-hal besar. Kita bisa mulai dengan
    hal-hal kecil saja, seperti yg sudah disebutkan di atas, membuang sampah, bijak menggunakan plastik atau sebisa mungkin mengurangi penggunaan plastik.

    BalasHapus
  7. Dari ke-10 cara menyelamatakan bumi di atas, yg belum pernah saya lakukan adalah membawa tempat makanan setiap kali mau beli makanan. Mungkin karena belum terbiasa saja sehingga kadang malu gitu kalau bawa tempat saat beli makanan.

    BalasHapus
  8. Menggunakan transportasi umum ini aku belum sukses menjalankannya euuii~
    Alasannya selalu adaaa aja. Kaya yang daerah rumahku nih sulit dijangkau sama angkot dan lain-lainnya.
    Someday, pingin banget konsisten untuk menjalani semua aktivitas ramah lingkungan walau sekecil apapun.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah hampir semuanya sudah aku terapin sih. Mulai dari buang sampah, ga nyisain makanan dan tas belanja sekali pakai juga. Cuma 1 nih yang belum maksimal, yaitu transportasi umum. Soalnya yaa gimana ya, memang belum merata transportasi di kita tuh. Jadi ya kebanyakan pake kendaraan pribadi.

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.