5 MAKANAN KHAS INDONESIA YANG MENDUNIA

Makanan Indonesia yang kayak akan rempah-rempah, tentu saja sudah tidak diragukan lagi rasanya. Karena rasanya yang super nikmat dan lezat, mengantarkan beberapa makanan Indonesia ke kancah kuliner internasional. Lalu apa saja makanan Indonesia yang mendunia?

makakan indonesia yang mendunia


Mie Instan

Mie instan Indonesia yang memiliki berbagai varian rasa, mulai dari mie goreng sampai dengan mie kuah, memang rasanya sangat menggoda. Siapa yang tak pernah mencoba makan mie instan. Rasanya hampir semua masyarakat Indonesia pernah mencoba dan merasakan nikmatnya mie. 

Dan patut bangga, salah satu produk mie dari Indonesia pernah dinobatkan sebagai mie instan terenak di dunia loh. Wow keren dan bangga banget pastinya. Mie instan asal Indonesia kian terkenal di dunia setelah beberapa orang Korea membuat lagu tentang mie asal nusantara ini.

Nasi Padang

Makanan Nasi Padang menjadi salah satu makanan favorit warga Indonesia bahkan dunia. Tidak hanya di Padang sebagai kota asal makanan ini, kita di seluruh pelosok Indonesia dapat menemukan makanan lezat ini. 

Nasi padang semakin terkenal ketika seorang traveler dari Thondheim, Norwegia bernama Audun Kvitlan Rostad tahun 2016 membuat lagu dengan judul Nasi Padang. Ia merasakan nikmatnya nasi Padang ketika traveling ke Indonesia. Berkatnya Nasi Padang Indonesia kian mendunia dan dikenal sebagai salah satu makanan khas Indonesia.

Nasi Goreng

Nasi Goreng adalah salah satu makanan yang sangat familiar di Indonesia. Makanan ini terbuat dari nasi dengan berbagai campuran bumbu nasi goreng dan ditaburi dengan berbagai sayuran serta beberapa lauk. Saat ini beraneka rasa nasi goreng kian banyak. Ada nasi goreng ikan asin, nasi goreng seafood, nasi goreng daging, nasi goreng sosis, dan lainnya. 

Bangganya ternyata makanan yang mudah dibuat ini menjadi makanan go internasional. Bagaimana tidak, nasi goreng pernah beberapa kali terpilih sebagai menjadi salah satu makan terbaik dunia. Bahkan tahun 2010 makanan ini juga dikutsertakan dalam World Expo Shanghai, China.

Seorang seniman berkebangsaan Belanda bernama Wieteke van Dort pada tahun 1997 membuat lagu tentang nasi goreng dengan menggunakan bahasa  Belanda dengan judul Geef Mij Maar Nasi Goreng (Beri Aku Nasi Goreng). Lagu ini kemudian menjadi populer di negeri kincir angin ini. Dan membuat nasi goreng makin dikenal di dunia.

Rendang

Makanan enak lainnya punya Indonesia yang mendunia adalah Rendang. Makanan dari Minangkabau yang terbuat dari daging ini menjadi salah satu makanan Indonesia yang mendunia. Rasanya yang super lezat karena dimana dibuat dari bahan rempah dan juga campuran santan. Makanan lezat ini juga  dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN World tidak hanya satu kali namun berkali-kali. jadi pengen cari Rendang deh.

Sate

Sate merupakan panganan yang dibakar, terbuat dari daging dengan dibumbui rempah serta diberikan tambahan kecap dan saus kacang. Rasanya memang super nikmat dan lezat sekali. Sehingga berhasil menjadi salah satu makanan terenak di dunia.

Patut bangga juga ketika anda ke New York, Amerika ada satu resto yang memasukan hidangan sate sebagai salah satu daftar menunya. Indonesia memang memiliki berbagai jenis sate sesuai dengan daerah masing-masing.

Itu dia beberapa kuliner Indonesia yang mendunia. Wah bangga banget ya. Btw kamu sudah mencoba semuanya pastinya kan? Kira-kira makanan Indonesia apalagi ya yang bakal mendunia? Boleh banget sharing di kolom komentar ya.

7 Coment

  1. Bangga sih kalo makanan kita banyak yg menjadi populer di mancanegara. Walopun tiap kali aku traveling ke LN, aku ga pernah mau cobain makanan Indonesia 🤣🤣. Soalnya pasti lebih mahal dan biasanya rasa ga terlalu otentik hahahah.

    Makanan Indonesia yg ada di US waktu itu aku liat di Philadelphia. Ownernya juga orang Indonesia. Tapi ya itu mba, aku ga makan di sana. Tapi yg aku denger menu2nya khas Indonesia banget dan enak

    BalasHapus
  2. Rendang sih yang paling populr diantara yang disebutkan diatas, eh aku baru tau klo mi instan itu khas Indonesia loh kukira negara tetangga kaya fast food lainnya yang disananya sepi dikita malah rame :)

    BalasHapus
  3. Iya mi instan indonesia sering dibawa pulang oleh idol Korea yang konser di Indonesia ya katanya mi instan kita enak banget padahal Korsel termasuk produsen mi yang besar jadi bangga deh

    BalasHapus
  4. Aku cari Coto Makassar di tulisannya. Kirain masuk juga makanan khas Indonesia yang mendunia. Soalnya teman2 (Makassar) yg dri luar klo mo balik pasti pesannya bumbu Coto dan Indomie heheee

    Nah, aku suka tuh Nasi Padang. Gampang nyarinya, ada dimana mana.

    BalasHapus
  5. Bangga juga yah kalau makanan Indonesia mendunia. Ingat waktu ke tanah suci, Makka dan Madina makanan yg selalu ada di mana-mana adalah bakso dan indo mie. Jauh3 ke negara orang, carinya tetep mi instan, indo mie selerakuuu hahaha.

    BalasHapus
  6. Unik ya..
    Ternyata meskipun travelling ke luar negeri, tapi alhamdulillah tetap bisa merasakan cita rasa masakan Indonesia. Dan ini jadi membuat travelling lebih nyaman kalau sedang gak bisa makan makanan asli sebuah negara yang kita kunjungi.

    BalasHapus
  7. Udh nyoba semua dong. Yg 4 bisa dibilang makanan tradisional ya. Mie instan nih yg beda sendiri. Mmg marketingnya bagus sekali mie instan ini bisa sampai mendunia 👍

    BalasHapus

Silakan tinggalkan komentar yang baik dan sopan, karena apa yang anda tulis di blog ini akan menjadi doa bagi anda juga, terima kasih.